Mencuri Ternak, Petani Pino Raya Dibekuk

DIBEKUK: Petani ini dibekuk lantaran diduga menjadi pelaku curnak.

PINO RAYA, bengkuluekspress.com – Bu (50), warga Desa Kemang Manis, Pino Raya terpaksa menginap di sel.  Pasalnya pria yang beprofesi sebagai petani tersebut diduga sebagai pelaku pencurian ternak (Curnak) satu ekor sapi milik Mijono (48) warga jalan Peltu Kamarudin, Pasar Manna.

Kapolres Bengkulu Selatan (BS), AKBP Deddy Nata SIK melalui Kapolsek Pino Raya Iptu Sukari SE mengatakan, Bu dibekuk Selasa (15/9) siang sekitar pukul 13.00 WIB di rumahnya.

Dijelaskan Sukari sebelumnya ternak korban hilang Sabtu (1/8) sekitar pukul 15:00 WIB di kebun sawit korban di perbatasan Desa Gelumbang, Kota Manna dan Desa Kemang Manis, Pino Raya. Saat itu diduga Bu mengambil sapi miliknya yang sedang di gembalakan di perkebunan sawit di Desa Kemang Manis, Pino Raya.

Adapun caranya, Bu melepaskan tali tambang sapi korban yang terikat di batang sawit. Lalu Bu menarik sapi tersebut sejauh 2 kilometer ke arah kebun sawit miliknya di dekat permukiman warga di Desa Kemang Manis. Untuk menghilangkan ciri-cirinya agar tidak dikenali lagi oleh pemiliknya, Bu mengikat sapi tersebut dan lalu kalung sapinya dilepaskan kemudian kedua kuping sapi ujungnya dipotong menggunakan pisau. Setelah itu sapi dipelihara Bu selama 2 minggu. Namun akhirnya korban masih mengenalinya dan melapor ke Mapolsek Pino Raya.

“Saat itu pelaku sudah kami bekuk dan sedang kami periksa,” ujar Sukari. (asri)