Mencapai Sesuatu Butuh Proses dan Waktu

gusti_cayaningratGusti Cayaningrat General Manager Hotel Santika Bengkulu

bengkuluekspress.com – Jabatan sebagai General Manager Hotel Santika Bengkulu, bukan sesuatu yang instant bagi Gusti Cayaningrat. Pasalnya sebelum menjabat sebagai GM Hotel yang terletak di tengah kota Bengkulu ini, berbagai profesi sudah pernah dijalaninya. ” Saya memulai karir pegawai harian biasa di The Ritz Carlton Hotel Bali,” ujarnya mengawali ceritanya kepada bengkuluekspress.com, di Santika Hotel Padang Jati Bengkulu.

Ceritakannya lebih lanjut, pada saat mengawali karirnya tepatnya bulan Nopember 1996 yang lalu, dirinya harus pintar-pintar membagi waktu antara bekerja dan kuliah. Pasalnya saat itu dirinya masih tercatat sebagai mahasiswa STP Nusa Indah Bali. Berkat dedikasi dan keuletannya dalam bekerja pada bulan Juli 1999 dirinya mengajukan diri untuk mengikuti training ke Singapore dan akhirnya terpilih untuk menjabat sebagai As a Banquet captain di Traders Hotel Singapore.

Kemudian, beralih sebagai As Room Boy dan Room Supervisor pada Januari hingga Juli 1998 di Regent Hotel Singapore. Setelah menjalani masa training sekian tahun lamanya, putra pertama dari dua bersaudara ini pun pulang ke Indonesia lalu melanjutkan pendidikan lanjutan jurusan Management sekaligus menjabat sebagai Asistent Resort Manager Operation Supervisor di Waka Maya Resort Bali.

Setelah sukses dengan beberapa jabatan, beberapa posisi penting lainnya pernah dijalaninya, diantaranya Front Office Manager, Resort Manager, Executive Assistant Manager, Manager on Duty, Host Manager. Bahkan General Manager juga pernah dijabatnya pada di Fave Hotel Denpasar, pernah di jabatnya. Selanjutnya pada tahun 2012 tepatnya bulan Juni, dirinya pun ditunjuk menjabat sebagai Hotel Manager Hotel Santika Bali dan puncaknya pada 1 November 2014 yang lalu dirinya ditugasi untuk menjabat General Manager di Hotel Santika Bengkulu.

Menurutnya untuk mencapai karirnya seperti sekarang ini, butuh proses dan waktu panjang. Seperti yang dialami Pria kelahiran, Palasari, Bali, Oktober tahun 1978 silam ini, dari memulai karir hingga menduduki jabatan General Manager butuh waktu 14 tahun lamanya. “Apa pun pekerjaan kita, yang paling utama adalah loyalitas dan bekerja keras,” terangnya.

Saat ditanyai tentang apa kiatnya agar sukses dalam karir dan pekerjaan. Secara singkat dirinya mengatakan bahwa jual jasa seperti hotel yang harus diutamakan adalah , jangan pernah malu, tetap percaya diri, harus mau dimarahi, dan harus tetap belajar sehingga kita tidak cepat puas dengan apa yang telah kita dapatkan. (and)