Menangkap Peluang Asian Games

UMKM
ist/Bengkulu Ekspress
MAKANAN: Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Bengkulu ikut di pasarkan lokasi dilaksanakannya Asian Games 2018, Jakarta dan Palembang .

Promosikan Produk  UMKM Bengkulu

BENGKULU,Bengkulu Ekspress– Menangkap peluang event akbar Asian Games 2018 ke-18 di Palembang dan Jakarta, Pemerintah Provinsi Bengkulu akan mempromosikan produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mulai 18-28 Agustus 2018. Berbagai produk UKM, mulai dari minuman jeruk kalamansi hingga souvenir akan turut meramaikan event terbesar di Asia ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu, H Muslih SH MSi mengatakan, Palembang dan Jakarta akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 5000 atlet, para offisial, termasuk suporter (turis) dari berbagai negara. “Masyarakat khususnya pelaku UKM harus menyukuri event Internasional ini. Karena, dengan Asian Games 2018 di Indonesia, maka produk-produk UKM kita akan tumbuh dan ekonomi kerakyatan akan berkembang,” kata Muslih, baru-baru ini.

Ia menambahkan, para pelaku UKM yang bergerak di sektor usaha kuliner, kerajinan tangan (souvenir) di Bengkulu mendapatkan kesempatan untuk mengambil keuntungan dari ajang Asian Games 2018. Pihaknya akan menurunkan setidaknya 8 UKM dari Kota Bengkulu untuk ikut mempromosikan produknya. ”Produknya bermacam-macam, mulai dari sirup jeruk kalamansi, jeruk gerga, kopi, hingga souvenir dari kerajinan kulit lantung,” ujar Muslih.

Khusus sirup jeruk kalamansi, pihaknya akan membawa dalam yang cukup banyak. Hal ini dilakukan, mengingat minuman yang satu ini sangat banyak peminatnya. Lebih lagi para atlet yang mengikuti ajang Asian Games ini.

“Kalau sirup jeruk kalamansi harus banyak dibawa, kami sudah koordinasi dengan beberapa UKM untuk menyediakan dalam jumlah banyak,” terang Muslih.

Ia mengaku, momen ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar produk daerah dibeli peserta pesta olahraga akbar ini. Sebab, biasanya peserta Asian Games 2018 selalu ingin memperoleh produk khas daerah. “Biasanya peserta Asian Games menginginkan oleh-oleh khas daerah sehingga itu perlu dimanfaatkan sebaik – baiknya,” tukas Muslih.

Anggota DPR RI Dapil Provinsi Bengkulu, Hj Dewi Coryati MSi mengaku, olahraga Asian Games akan menggerakkan berbagai sektor strategis di Indonesia, tak terkecuali Bengkulu yang bertetangga dengan Palembang. Salah satu sektor yang akan mendulang banyak keuntungan dari perhelatan yang dimulai sejak tahun 1951 itu, adalah pariwisata, dan Bengkulu bisa memetik banyak keuntungan dari Asian Games 2018 ini. “Saya mengajak segenap komponen warga masyarakat Bengkulu untuk memanfaatkan momen ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade tersebut untuk meraih berbagai manfaat tersebut,” ujar Dewi.



Ia mengaku optimis penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang akan ikut mengangkat pertumbuhan ekonomi di Bengkulu. Lebih jauh ia menambahkan, keberhasilan meraih manfaat dari event Asian Games, juga sangat bergantung dengan sinergisitas antara semua pihak terkait.  “Diharapkan masyarakat untuk berperan aktif menyambut para tamu mancanegara yang ikut serta dalam Asian Games. Mengingat ada belasan ribu atlet dari 45 negara di Asia yang akan hadir,” tutupnya.(999)