Menangi Laga Keenam, Heat Paksa Spurs Bermain Tujuh “Game”

miami-heatMiami Heat menjamu San Antonio Spurs pada laga keenam final NBA di American Airlines Arena, Rabu WIB. Spurs datang dengan keunggulan sementara 3-2.

Spurs turun dengan starter sama seperti game kelima, termasuk Manu Ginobili. Chris Bosh dan Tim Duncan yang beradu saat jump ball, membuka angka pertama bagi tim masing-masing.

Saat kuarter pertama berakhir, Heat unggul dua poin, 27-25.

Kuarter kedua dibuka dengan tembakan tiga angka Shane Battier untuk Heat, yang langsung dibalas Danny Green dengan tembakan yang sama.

Heat memimpin perolehan poin. Mario Chalmers memastikan sang juara bertahan unggul 40-33, lima menit kuarter ini berjalan. Namun, Spurs mendekat dengan empat poin beruntun dari Duncan.

Duncan bermain luar biasa. Dia berhasil membawa Spurs menyamakan kedudukan menjadi 44-44, dua menit jelang jeda turun minum.

Hanya 25 detik berselang, dunk Duncan memastikan timnya berbalik unggul 46-44. Spurs terus menjauh dan menutup paruh pertama dengan 50-44.

Ginobili jadi pembuka kuarter ketiga dengan tembakan tiga angkanya. Heat berusaha memangkas ketertinggalan, tetapi Spurs bertahan dan unggul 75-65 saat memasuki kuarter keempat.

Heat mengawali kuarter keempat dengan bagus. LeBron James berhasil menyamakan angka menjadi 82-82. Mereka berhasil membalikkan keadaan dan memimpin perolehan poin hingga dua menit laga tersisa.

Tony Parker membuyarkan kemenangan Heat yang sudah di depan mata. Tembakan tiga angkanya berhasil menyamakan kedudukan 89-89, hanya satu menit 27 detik laga tersisa. Tak sampai di situ, dia berhasil membawa Spurs berbalik unggul dengan jump shot-nya.

Spurs unggul 95-92 saat laga tersisa lima detik.

Namun, Heat tak berhenti. Ray Allen jadi penghancur Spurs dengan tembakan tiga angkanya. Kedudukan berubah imbang 95-95 dan memaksa digelarnya babak tambahan.

Kawhi Leonard membuka angka untuk Spurs dan berhasil dibalas Bosh. Skor masih imbang 97-97.

Leonard kembali menyumbang dua poin. Dengan tambahan satu tembakan bebas dari Parker, Spurs menyentuh angka 100.

Allen dan James membawa Heat berbalik memimpin dengan 101-100 saat laga tersisa 1 menit 43 detik. Heat menjauh 103-100, berkat dua tembakan bebas Allen.

Hingga waktu pertandingan habis, Heat berhasil mempertahankan keunggulan mereka, sekaligus mengubah kedudukan menjadi tiga sama. Artinya, laga ketujuh, yang akan berlangsung pada Kamis (20/3/2013) malam waktu setempat atau Jumat pagi WIB, akan jadi penentu juara NBA musim ini.