Menang Penalti, Italia Tantang Jerman

Italia akhirnya mampu menundukkan pasukan tiga singa.  Hal ini menyusul 4 gol yang berhasil disarangkan para pemain Italia melalui adu finalti ke gawang Inggris. Sementara pasukan Inggris hanya mampu melesakkan 2 buah gol. Kemenangan tersebut menyebabkan Inggris harus angkat koper, sementara Italia melaju ke babak semifinal berhadapan dengan pasukan Jerman.

Penentu kemenangan Italia adalah Gelandang Bologna Alessandro Diamanti. Ia menjadi eksekutor kelima yang menundukkan Joe Hart. Bola Diamanti mengarah ke kanan gawang, Hart menghalau bola ke kiri.  Dengan gol tersebut, Italia menang 4-2, karena dua pemain Inggris Ashley Young dan Ashley Cole gagal menunaikan tugas. Eksekusi Cole berhasil digagalkan Gianluigi “Gigi” Buffon. Sedang tendangan keras Young menghantam tiang gawang.

Dari dua penendang awal, Mario Balotelli membuka kemenangan usai tendangannya menjebol pojok kanan gawang Hart. Namun kemudian posisi Inggris berada di atas angin. Hal ini terjadi karena eksekusi yang dilakukan Riccardo Montolivo melebar ke sisi kanan gawang Hart. Inggris saat itu dalam posisi unggul usai Steven Gerrard dan Wayne Rooney berhasil menaklukkan Gigi Buffon.

Namun, setelah kegagalan Montolivo, dua algojo Italia berikutnya, Andrea Pirlo dan Antonio Nocerino, berhasil memasukkan bola ke jala Hart. Sebaliknya, Ashley Young dan Ashley Cole gagal. Tendangan Young membentur mistar gawang dan tendangan Cole ditangkap oleh Buffon. Ketika tendangan Diamanti masuk, meledaklah kegembiraan Italia. Mereka melaju ke babak empat besar untuk selanjutnya berhadapan dengan Jerman.

Dengan kemenangan tersebut, Italia saat ini memiliki  rekor lima kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah atas Inggris dalam pertemuan kedua kesebelasan di turnamen besar. Kemenangan Italia juga memperkuat reputasi mereka dalam adu penalti.

Sebelum menghadapi Inggris di perempat final Piala Eropa 2012, Italia tercatat menyelesaikan tujuh pertandingan dengan adu penalti. Italia menang dua kali yakni pada semifinal Piala Eropa 2000 saat memukul Belanda dan ketika menundukkan Perancis pada final Piala Dunia 2006.

Sementara dari kubu Inggris tercatat baru sekali menang dalam drama adu penalti saat berhadapan dengan Spanyol di perempat final Piala Eropa 1996. Sejauh ini Inggris sudah menyelesaikan tujuh pertandingan dalam turnamen besar lewat adu penalti.

Pertandingan Seri

Pada pertandingan yang berlangsung di Kiev Olympic Stadium, Senin (25/6/2012) dinihari WIB, Italia memiliki banyak peluang bagus. Salah satunya adalah ketika tendangan Daniele De Rossi di menit ketiga membentur riang gawang.

Semenit berselang giliran Inggris yang mendapatkan peluang melalui Glen Johnson. Sial bagi Johnson, tendangannya di muka gawang Italia masih bisa dihalau oleh Gianluigi Buffon.

Selanjutnya, Italia mendominasi dan memenangi persentase penguasaan bola. Setelah sempat diselingi peluang Wayne Rooney. Sundulannya melambung di atas gawang Buffon. Pada menit ke-25, Balotelli menerima umpan Andrea Pirlo dan lolos dari perangkap offside. Namun tendanganya dihadang John Terry, tepat di ujung kotak penalti Inggris.

Enam menit berselang, Balotelli kembali lepas dari offside. Tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Inggris, sayang tendangannya masih bisa dihadang sang kiper.  Tiga menit menjelang jeda, Balotelli kembali dapat peluang. Namun, tendangan keras Balotelli melayang tak jauh dari gawang Inggris yang dijaga rekan satu timnya di Manchester City, Joe Hart.

Dominasi Italia masih berlanjut di babak kedua. Skuad Italia terus membuat peluang, namun gagal lantaran blok pertahanan Inggris, penyelamatan Hart, dan tendangan yang tak tepat sasaran.

Pada menit ke-47, De Rossi membuang peluang emas. Dari jarak dekat sontekannya tidak tepat sasaran. Lima menit setelahnya, Italia punya tiga peluang. Tapi semua tak ada yang berujung gol, temasuk sepakan jarak dekat Balotelli. Di menit ke-60, Balotelli mengontrol bola dengan dada, lalu  melakukan tendangan akrobatik. Bola sepakannya masih melayang tinggi. Sampai menit 70-an Italia terus menekan. Tembakan dari luar kotak penalti yang dilakukan Azzurri masih tak membuat gawang Inggris bobol juga.

Inggris mendapat peluang bagus jelang babak kedua tuntas. Umpan silang Ashley Cole disambut  Andy Carroll lalu diover ke Rooney dengan tendangan salto. Tetapi, tendangannya melambung.

Babak kedua berakhir dengan skor 0-0. Laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Italia masih terus menekan pertahanan Inggris. Tepat pada menit ke-115, pendukung Italia bersorak saat umpan Alessandro Diamanti disambar Antonio Nocerino yang berada di muka gawang Inggris. Sundulan Nocerino masuk. Gol! Namun, gol tersebut dianulir lantaran Nocerino sudah berada dalam posisi offside.

Skor masih 0-0 dan laga pun dilanjutkan ke babak adu penalti.(**)