Menang di DKI dan Banten, PDIP Niat Kuasai Pilkada Jabar, Jateng dan Jatim

Di bagian lain, PDIP tampak makin percaya diri pasca kemenangan pilgub di DKI dan Banten. Untuk itu, PDIP berambisi untuk menyapu bersih pilgub di seluruh provinsi di Pulau Jawa. Seperti diketahui, pada 2013 tiga provinsi besar di Jatim sekaligus melaksanakan pilgub. Yakni, Jatim, Jateng, dan Jabar.
Bila berhasil menang di tiga pilgub tersebut, PDIP menyapu bersih seluruh pilgub di Jawa. “Ini bukan mimpi. Kami serius untuk itu,” kata Wasekjen DPP PDIP Hasto Kristyanto.

Menurut Hasto, amanat kongres DPP PDIP di Bali pada 2010 tegas-tegas menyebutkan bahwa menang pilkada adalah syarat untuk menang pileg. Dan, menang pileg merupakan syarat untuk menang pilpres.

Hasto menegaskan, keyakinan partai berlambang banteng moncong putih tersebut sangat beralasan. Pasalnya, kekuatan uang dan birokrasi belum tentu bisa memenangkan seseorang. “Lihat saja pilgub DKI. Yang menang adalah kolektivitas dan kegotongroyongan serta visi yang melekat pada rakyat,” paparnya.

Kemenangan di pilgub DKI tersebut juga bisa menjadi inspirasi bahwa rakyat menolak liberalisasi demokrasi, yakni money politics. “Karena berbahaya sekali bila uang sudah menjadi panglima. Artinya, setiap orang yang uangnya banyak bisa membeli dukungan dan menjadi pemimpin meski tak cakap,” tandasnya.(jpnn)