Menang 3-2, MU Tempel Ketat Chelsea di Puncak Klasemen

Kekalahan Chelsea atas Manchester United membuat pertarungan memperebutkan tahta Premier League menjadi semakin ketat. Jarak antara Chelsea, MU dan Manchester City hanya tersisa satu point, pasca Chelsea bertekuk lutut oleh tim tamu, Minggu (28/10). Manchester United sukses menundukan  Chelsea 3-2 di Stamford Bridge. Pada laga ini, dua pemain Chelsea dikeluarkan dari lapangan akibat menerima kartu merah.

Kemenangan  ini membawa MU menggusur  Manchester City dari posisi runner up.  MU mendekati perolehan poin Chelsea, 21 poin.  Jarak antara MU hanya tersisa satu point dari Chelsea yang masih berada di puncak klasemen Premier League.  Kekalahan ini merupakan yang  pertama bagi Chelsea di Liga Inggris  musim ini.

Sejak awal, MU langsung  menyerang melalui dua sayap  Antonio Valencia dan Ashley Young.  Serangan sayap  berbuah manis, di menit ke-4, Wayne Rooney di sisi kanan mengirimkan umpan mendatar dan diterima Robin van Persie. Mantan pemain Arsenal tersebut langsung melepaskan tembakan keras kaki kanan yang ternyata  mengenai tiang gawang Chelsea.  Bola pantulan tendangan Van Persie malah mengenai David Luiz, dan berbalik masuk ke gawang sendiri. Unggul 1-0 untuk MU.

Pada menit ke-12, MU  kembali menggandakan skormelalui Van Persie. Kali ini, ia sukses memanfaatkan umpan silang mendatar Valencia.

Kendati tertinggal dua gol, Chelsea tetap  bermain tenang. Penguasaan bola pun mampu dilakukan oleh Chelsea sepanjang babak pertama. Beberapa peluang pun diciptakan Chelsea, namun  kandas di tangan David de Gea.

Pada menit ke-44, satu menit menjelang istirahat, The Blues memperkecil kedudukan. Tendangan bebas Juan Mata ke tiang jauh dengan sempurna mengoyak jala MU.

Mata pun hampir saja menyamakan skor beberapa saat kemudian. Namun, kesempatannya di depan gawang MU bisa dimentahkan De Gea. Babak pertama pun berkesudahan untuk keunggulan MU,  2-1.

Delapan menit pasca turun minum, Chelsea mampu menyamakan skor. Dari sebuah umpan tarik Oscar, Ramires memenangi duel udara menghadapi Tom Cleverley dan menceploskan bola ke gawang De Gea.

Sayangnya pada menit ke-63. Chelsea harus bermain 10 pemain karena Ivanovic melanggar Asley Young yang tinggal berhadapan dengan Cech. Kartu merah kedua Chelsea diterima Fernando Torres, lima menit kemudian pasca didaulat kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain, MU makin aktif menyerang. Chicharito yang masuk sebagai pemain pengganti, sukses  membobol gawang Cech dan membawa MU  unggul 3-2. Gol Chicharito ini sedikit kontroversial karena berbau off-side.

Gol dari Chicharito rupanya menjadi gol terakhir yang tersaji di laga penuh drama itu. MU pun membawa pulang poin penuh pertamanya di Stamford Bridge sejak 10 tahun silam, khusus di ajang Premier League.(**)