Menang 3-0, Man City Runner Up Liga Inggris

Klasemen sementara Liga Inggris terus berubah.  Posisi puncak tetap dihuni Chelsea yang mampu membukukan kemenang 4-1 dari Norwich City.  Sementara Everton yang ditahan imbang, Wigan Athletic, langsung melorot ke posisi tiga.  Manchester City yang semula di peringkat 4, langsung naik ke posisi 2 usai mendapat tambahan tiga poin, pasca menggulung Sunderland, 3-0.  Sementara Manchester United yang baru akan memainkan laganya malam nanti, berada di peringkat 5. Posisi 4, dihuni WBA usai menundukkan QPR 3-2.

Publik Stadion Etihad kembali tersenyum setelah timnya membungkam Sunderland 3-0 pada laga pekan ketujuh Premier League, kemarin.

Hasil itu merupakan kemenangan pertama “Manchester Biru” dalam tiga laga kandang terakhir. Sebelumnya, City dipaksa bermain imbang 1-1 saat menjamu Borussia Dortmund dan Arsenal. Untuk kali pertama juga, juga gawang armada Roberto Mancini tidak kebobolan, musim ini. .

Gol pertama Man City diciptakan Aleksandar Kolarov pada menit kelima. Di depan kotak penalti lawan, bek sayap Serbia berusia 26 tahun itu mengeksekusi tendangan bebas, dengan kaki kirinya. Bola meluncur kencang ke pojok kiri atas gawang Sunderland, tanpa dapat diantisipasi Simon Mignolet.

“Manchester Biru” semakin percaya diri. Pablo Zabaleta nyaris menggandakan keunggulan setelah berhasil melepaskan tendangan di dalam  kotak penalti tim tamu. Namun, sepakan bek asal Argentina itu masih bisa diblok Mignolet pada menit ke-19.

Tak ingin kehilangan momentum, Carlos Tevez dan kawan-kawan terus pertahanan menekan “The Black Cats”. Umpan cepat dari kaki ke kaki diperagakan City. Sayang, dari beberapa ancaman yang dilepaskan kubu tuan rumah tak membuahkan hasil hingga wasit meniup peluit tanda istirahat.

Roberto Mancini melakukan perubahan di lini depan timnya pada babak kedua. Pelatih berkebangsaan Italia tersebut mengganti Balotelli dan Aguero pada menit ke-56. Balotelli sepertinya kecewa dengan keputusan Mancini. Penyerang yang pernah membela Inter Milan itu langsung menuju lorong ruang ganti.

Namun, Mancini justru tersenyum karena Aguero sukses mencetak gol  empat menit kemudian. Gol berawal dari penetrasi Kolarov di sisi kanan pertahanan Sunderland.  Dia kemudian langsung melepaskan umpan mendatar ke dalam kotak penalti. Aguero menyambut umpan tersebut dengan sepakan keras dan gol.

Pada menit ke-70, Tevez berhasil mengecoh Mignolet sehingga gawang Sunderland kosong. Lantaran tak mendapatkan ruang tembak, Tevez memilih mengirimkan bola kepada Silva. Gelandang asal Spanyol itu coba mengarahkan bola ke tengah gawang tetapi sayang bola masih membentur mistar.

Usaha City baru berbuah hasil setelah Milner mencetak gol pada menit ke-89. Gelandang asal Inggris itu mencetak gol dari tendangan bebas yang dieksekusinya. Bola hasil tembakannya melengkung, melewati pagar betis, dan akhirnya gol. Gol itu sekaligus memateraikan kemenangan City dengan skor 3-0. (**)