Melly Mono Serius BerSolo Karir

Perjalanan karirr seseorang tidak ada yang tahu. Termasuk Melly Mono. Dulunya dia eksis di SHE, band yang seluruh personelnya perempuan. Kini, Melly malah melanjutkan karier sebagai penyanyi solo.

“Sejak Januari 2014, aku memang memutuskan untuk nyanyi sendiri. Sudah ada dua single yang aku punya. Keputusanku untuk bersolo karier, diimbangi dengan tekad bulat dan usaha yang kuat, memperbaiki kualitas musik aku,” tutur Melly kepada Rakyat Merdeka, akhir pekan lalu.

Kini, selain “membuang” image SHE yang 14 tahun ia gawangi, Melly juga merubah penampilan dan nama.

“Gayanya sih sekarang lebih edgy, elegan, ya tampilannya agak dewasa lah. Kalau waktu sama SHE nggak beda jauh, tapi ini lebih chic begitulah,” katanya tersenyum.

“Bukan itu aja sih, aku tuh nyanyi sendiri, kayak belajar dari awal lagi. Aku punya vocal director. Iya lho. Saking pengin melepas image SHE. Aku agak merubah cara bernyanyi aja, sekarang,” lanjut perempuan yang dulu digosipin pacarnya Ariel.

Diungkapkan Melly, nama Mono memang bukan pemberian keluarga atau nama suaminya. Melainkan nama yang sekaligus untuk membangun karakter.

“Memikirkan banyak nama. Sebenarnya, nggak mau pakai nama belakang. Cukup Melly aja. Tapi kalau dipikir-pikir, nama Melly sudah banyak di dunia musik kan. Akhirnya, mulai mikirin nambahin apa ya. Sempat kepikiran nama suami, tapi kok rasanya kurang ya, aku juga merasa nggak nyaman,” paparnya.

“Karena disuruh mikirin nama belakang. Udah aja aku jadi mikirin bener. Bangun tidur terus kok kepikiran nama ‘Mono’ ya. Nanya sana sini, bagus nggak, terus respon positif. Ya udah. Karena aku juga suka nama yang unik, nggak mesti nama yang musti ada arti atau nama orang banget gitu. Kayak Iwan Fals, kan unik. Jadilah aku pakai nama Mono, karena artinya kurang lebih satu atau sendiri. Rasanya pas, dengan aku yang jalan sendiri ini (solo),” lanjut pemilik nama asli Melly Herlina Firmansyah ini.

Ia tak bisa mengelak hengkang dari SHE karena sebuah konflik. Sebuah perbedaan yang sangat mendasar dari band yang pernah melantunkan lagu Jomblowati itu.

“Aku sebutnya apa ya, masalahnya tuh ngejelimet banget. Gini, sederhananya. Kita nggak bisa menahan ego bermusik masing-masing kita dari berkembangnya ilmu bermusik kita. Belakangan aku mulai merasa SHE sudah keluar dari jalur dan ciri khas band yang dari awal niat dibikinnya adalah band yang cewek banget, cheerful, musiknya ceria. Kok makin lama, nge-jazz lah, ada rock-nya lah. Duh, aku mulai kayaknya nyanyi featuring ya, kayak bukan band sendiri,” jelas pengidola Celine Dion ini. (mer/rmo/jpnn)