Melihat Peran PMI RL dalam Penanganan Covid-19, Mulai dari membantu proses karantina hingga pemakaman

ist/BE
Relawan PMI Rejang Lebong saat membantu proses pemakaman sesuai prosedur Covid-19 di pemakaman khusus Covid-19 di Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan beberapa waktu lalu

SEJAKA  pandemi Covid-19 melanda tanah air bahkan dunia, sejumlah pihak mulai bahu-membahu melakukan upaya penanganan. Termasuk yang dilakukan oleh PMI Kabupaten Rejang Lebong. Bagaimana upaya penanganan yang dilakukan PMI Rejang Lebong, berikut liputannya

Ari Apriko, Curup

Dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong. PMI Kabupaten Rejang Lebong melalui relawan-relawannya mengambil peran penting dalam membantu gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong.
Plt Ketua PMI Rejang Lebong Andi Purwanto mengungkapkan PMI Rejang Lebong ambil bagian dari penanganan Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurutnya pandemi Covid-19 ini merupakan bencana nasional maupun bencana global, sehingga panggilan kemanusian datang ke PMI Kabupaten Rejang Lebong.
“dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 ini, relawan kita mengambil peran masing-masing dalam membantu pemerintah sehingga pandemi ini cepat berlaku,” ungkap Andi saat dikonfirmasi Minggu (25/10).

Dijelaskan Andi, peran-peran yang dilakukan PMI Kabupaten Rejang Lebong dalam penanganan Covid-19 tersebut yaitu mulai dari aktif melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan yang telah mereka lakukan di ratusan titik di Kabupaten Rejang Lebong.
Penyemprotan disinfektan tersebut, menurut Andi baik dalam upaya pencegahan maupaun upaya sterilisasi kawasan yang sebelumnya ditemukan kasus Covid-19. Untuk setiap ada temuan kasus Covid-19 maka menurutnya penyemprotan harus dilakukan oleh PMI Kabupaten Rejang Lebong, sedangkan untuk pencegahan biasanya sesuai dengan permintaan masyarakat maupun permintaan dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.
“Penyemprotan ini kita lakukan tak hanya disiang hari, bahkan ada beberapa kali kita lakukan dimalam hari, selain itu dalam kegiatan penyemrotan disinfektan juga juga melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan,” terang Andi.

Selanjutnya, menurut Andi peran lain yang dilakukan PMI dalam penanganan Covid-19 yaitu dengan ikut membantu proses karantina, penjemputan dan pemakaman korban Covid-19. Untuk karantina, PMI Rejang Lebong ambil bagian langsung karena salah satu lokasi karantina yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong adalah Rumah Sakit PMI di kawasan Dataran Tapus Kecamatan Bermani Ulu Raya.
Sedangkan untuk proses pemakaman korban Covid-19, PMI Kabupaten Rejang Lebong ambil bagian langsung bahkan selalu ikut dalam beberapa kali pemakaman baik pasien positif Covid-19 maupun pasien suspect Covid-19. Dengan lokasi pemakaman di pemakaman khusus Covid-19 di Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan. Pemakaman pasien positif maupun suspect tersebut juga ada yang dilakukan pada malam hari dan ada yang siang hari.
“Alhamdulillah khusus untuk relawan kita yang bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19 seperti di rumah karantinan maupun membantu proses pemakaman tidak ada tertular Covid-19,” terang Andi.

Keberhasilan relawan PMI Rejang Lebong untuk menjaga agar bebas dari Covid-19 meskipun bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19, menurutnya tidak terlepas dari patuhnya relawan PMI Rejang Lebong terhadap SOP penanganan Covid-19 yaitu terkait dengan pemakaian APD saat melakukan tugas. Selain melakukan pencegahan terhadap relawan sendiri juga untuk keluarga mereka, ia mencotohkan untuk yang ikut menangani pasien karantina, mereka juga harus menjalani karantina dan tidak boleh bertemu dengan keluarga mereka.
Disisi lain, Andi juga berpesan kepada masyarakat Rejang Lebong untuk selalu menaati protokol kesehatan, hal tersebut penting untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong.(**)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*