Melihat Komunitas Fotografi Lebong

Eksplorasi Keindahan Melalui Foto
Perkembangan dunia fotografi merambah kabupaten Lebong. Ini pula yang membuat para pecinta fotografi membentuk Komunitas Fotografer Lebong (KFL). Melalui wadah ini mereka berbagi pengetahuan hingga jepretan keindahan alam.

Dwi Nopiyanto, Lebong

Komunitas ini tercatat sudah memiliki 20 anggota yang hobi dengan fotografi. Mereka juga ikut berpartisipasi mempromosikan keindahan Kabupaten Lebong melalui karya bidikan foto.

Ketua KFL M Dian Amsyah Ramadhan mengungkapkan komunitas ini terbentuk untuk menampung para penghobi fotografi. Selain itu tujuan lainĀ  mengeksplorasi Keindahan Lebong melalui foto.

“Keindahan Lebong sebenarnya luar bisa. Namun selama ini belum tergali dengan maksimal sehingga orang-orang luar tidak mengetahuinya. Makanya kita ingin berkontribusi memperkenalkan Lebong lewat foto. Dengan harapan orang-orang dari luar dapat melihat keindahan Lebong dan berkunjung untuk melihat dari dekat keindahan alam Lebong termasuk objek-objek wisata andalan Lebong,” Kata Dian Udud sapaan akrab pria asli Lebong ini.

Sejumlah kegiatan hunting foto kerap dilakukan secara rutin. Seperti di lokasi Air Terjun Ujung Tanjung II Kecamatan Lebong Sakti, Danau Picung, Air Putih, PasirLebar di Desa Bungin Kecamatan Bingin Kuning serta potensi-potensi wisata yang dapat memperkenal Lebong ke luar. Dalam setiap hunting, seluruh fotografer yang tergabung dalam KFL tersebut terlihat semangat mengambil potret keindahan alam Lebong dengan tambahan para model.

“Kegiatan hunting ini rutin kita laksanakan paling tidak sebulan sekali. Kita tidak mengharuskan orang yang ikut di dalam komunitas ini memiliki kamera yang bagus ataupun hanya boleh diikuti fotografer profesional. Dalam hunting tersebutlah kita juga sama-sama belajar mengenai bagaimana dunia fotografi tersebut. Jadi siapapun yang hobi di dunia foto silahkan saja untuk bergabung bersama kita di KFL,” lanjut Dian Udud.

Selain itu, salah satu anggota KFL yang juga membuka usaha foto pernikahan, Andri Yutis mengaku KFL mampu mengasah kemampuan masing-masing fotografer dengan berbagi pengalaman. “Anggota komunitas ini sendiri berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan.

Ada yang mebuka usaha studio photo dan ada juga PNS bahkan wartawan. Dengan adanya komunitas ini, hobi fotografi masing-masing anggota bisa tersalurkan dan kita juga bisa berbagi pengetahuan tentang dunia fotografi,” pungkas Pemilik Studio Yutis Photo studio ini.(**)