Melihat Gaya Sultan, Wagub Termuda

Tancap Gas Bekerja, Sering Sidak

BENGKULU, BE – Usai dilantik menjadi Wakil Gubernur Bengkulu pada bulan Juni 2013 lalu, Sultan B Najamudin langsung tancap gas melaksanakan fungsi pengawasan dengan melakukan sidak pada program-program pembangunan Pemerintah Provinsi Bengkulu yang sedang berjalan.

Aksi sidak wagub muda ini menjadi kejutan tersendiri bagi SKPD di lingkungan Pemprov Bengkulu untuk lebih berhati-hati dalam bekerja. Darah muda Sultan membuatnya berpikir untuk lebih suka memimpin dengan turun kelapangan ketimbang duduk dibelakang meja.

“Fungsi pengawasan yang melekat pada jabatan saya mesti dikongkritkan dengan aksi nyata, ya salah satunya dengan melakukan langsung kepada aparat yang bekerja dibawah. Karena mereka menjalankan program untuk rakyat dan membelanjakan uang rakyat, jadi mesti diawasi,” ujar calon gubernur Pilkada 2015 ini.

Hampir setiap bulan Wagub melakukan sidak di lingkungan SKPD yang ada, baik di dalam kota maupun yang ada di daerah. Beberapa diantaranya yaitu Rumah Sakit M Yunus Bengkulu dan Balai Pembibitan Ikan di Bengkulu Utara.

“Kita mesti tahu apa yang terjadi di lapangan, tahu apa kendala dan apa yang mesti dibenahi untuk menjadi rekomendasi program ke depan,” terang pejabat yang masih bujang ini. Ditambahkan Sultan, hasil kunjungan turun kerlapangan ataupun sidak ke SKPD tersebut dilaporkan kepada gubernur untuk ditindaklanjuti.

“Usai sidak saya naikkan nota ke gubernur silahkan ditindaklanjuti,” terangnya.

Menurut Sultan, dengan pengetatan pengawasan dapat meminimalisir penyimpangan dalam program berjalan. Karena semua program mestinya tepat sasaran untuk rakyat.

Gaya ‘koboi’ Sultan yang sering melakukan sidak dilapangan justru mendapat respon positif dari masyarakat. Beberapa warga yang ditemui wartawan koran ini mengungkapkan rasa puas atas kinerja Sultan.

“Baguslah kalo begitu jadi jangan diam dikantor saja, pejabat memang harus turun ke lapangan untuk tahu kondisi biar kalo ada yang macam-macam bisa cepat ketahuan,” ujar Suharman, pedagang buah Pasar Panorama baru-baru ini.

Saat sidak, Sultan tak segan-segan memarahi anak buahnya yang ada di SKPD jika terindikasi kinerjannya tidak maksimal. Tunggakan pembayaran honor jasa medis yang dikeluhkan oleh tenaga medis di RSMY Bengkulu, misalnya langsung direspon dengan melakukan rapat dadakan dengan jajaran pimpinan RSMY.

“Alhamdulillah setelah kedatangan pak Wagub, tidak lama tunggakan hak kami sebagai pegawai medis dicicil pihak manajemen,” ujar salah seorang perawat senior yang bertugas di kamar kelas III RSMY.(**)