Melestarikan Kesenian Tradisional Kabupaten Seluma, Tari Berejung akan Tampil Setiap Acara Pemerintahan

 

Jefri/BE
Bupati Seluma Erwin Octavian SE dan Drs Gustianto mulai melestarikan dan kembali mengeluarkan kesenian daerah berupa tari tarian berejung.

Seluma menjadi Kabupaten yang berbudaya bukanlah isapan jempol belaka. Berbagai macam tarian tradisional Seluma kini akan sering ditampilkan di Gedung Daerah Serasan Seijoan.

=======================
JEFRIANTO, SELUMA
===============

Tak ingin kesenian dan budaya yang ada di kabupaten Seluma tergerus kemajuan zaman. Bupati Seluma Erwin Octavian SE dan Drs Gustianto mulai melestarikan dan kembali mengeluarkan kesenian daerah berupa tari tarian berejung.
Dengan salah satu program kerja membuat Seluma menjadi Kabupaten yang berbudaya dan beragama. Keduanya mulai membuktikan bahwa program tersebut haruslah berjalan dan wajib dilakukan setiap kegiatan. Seluma menjadi Kabupaten yang berbudaya bukanlah isapan jempol belaka. Sabtu malam dari perwakilan 14 Kecamatan di Kabupaten Seluma, menampilkan berbagai macam tarian tradisional di Gedung Daerah Serasan Seijoan. Dengan menampilkan berejung yang merupakan tari tradisional yang sudah mulai menghilang.


“Saya dan pak Gustianto, telah sepakat bahwa adat dan kebudayaan Kabupaten Seluma akan kita hidupkan kembali. Dan ini harus menjadi trend terbaru dari kalangan muda Kabupaten Seluma,” sampai Erwin Octavian Bupati Seluma.
Serangkaian acara, berejung dengan kekompakan dan kebersamaan seperti ini. Bahwa kebudayaan yang selama ini sempat memudar tersebut, akan kembali bersinar di Kabupaten Seluma.
Sehingga budaya dari leluhur tersebut tidak akan pernah habis ditelan dengan kemajuan teknologi. Dengan harapan, pemuda dan pemudi untuk bisa diberikan pengetahuan dan belajar akan kesenian tari tarian berejung. “Kuncinya satu. Kita harus kembali mengajarkan ini kepada seluruh muda-mudi di Kabupaten Seluma. Sehingga seluruh Desa nantinya, kita akan minta ada program demikian,” lanjutnya.
Orang nomor satu di Kabupaten Seluma tersebut, juga akan terlibat langsung dalam membuat Kabupaten Seluma menjadi Kabupaten yang berbudaya tersebut. Dirinya juga akan memastikan, bahwa kegiatan positif seperti ini akan terus berlanjut.
“Kita akan adakan belajar khusus bermain alat musik tradisional hingga kesenian tari tarian seperti berejung. Saya juga akan berlatih khusus untuk bisa memainkan serunai,” sampai Erwin Octavian.
Diharapkan, terimakasih kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Seluma, yang telah hadir di Gedung Daerah Serasan Seijoan. Dirinya memastikan bahwa tari-tarian tradisional ini, akan ditampilkan dalam kegiatan resmi di Kabupaten Seluma.
“Kedepan, tarian tradisional ini akan kita tampilkan dalam setiap kegiatan resmi di Kabupaten Seluma,”sampainya singkat.(333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*