Melanggar, Belasan Truk Ditertibkan

foto : ist

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress– Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kaur bersama Satuan lalu lintas Satlantas (Satlantas) Polres Kaur setempat melakukan razia Penertiban kendaraan angkutan yang muatannya overload atau melebihi ketentuan, Kamis (11/4). Dalam razia yang digelar didepan taman Benika Kecamatan Kaur Selatan itu, belasan truk yang melakukan pelanggaran melebihi kapasitas itu ditertibkan.

“Razia hari ini (kemarin) kita fokuskan kepada kendaraan truk yang melebihi kapasitas, dan bagi kendaran yang melanggar hanya kita berikan teguran saja,” kata Kepala Dishub Kaur Anuar Sanusi SPd, kemarin (11/4).

Dikatakan Anuar, razia ini dilakukan sebagai upaya penertiban dan pengawasan terhadap angkutan truk. Kegiatan tersebut juga dilakukan guna meminimalisir kerusakan jalan, baik ruas jalan provinsi maupun kabupaten. Menurutnya, pengguna jalan yang kedapatan melanggar ketentuan, diberikan sanksi berupa teguran dan tilang bagi para. Juga nanti kegiatan ini akan terus dilakukan beberapa minggu kedepannya.



“Kegiatan ini merupakan langkah antisipatif guna menekan angka kerusakan jalan yang diakibatkan kurangnya kesadaran para pengguna jalan, khususnya kendaraan angkutan barang yang muatannya melebihi ketentuan yang berlaku sesuai kelas jalan,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kaur IPTU Robert Mashar juga menyampaikan, sosialisasi sekaligus penertiban kendraan over kapasitas ini dilakukan untuk mengingatkan para sopir truk yang melakukan stadarisasi muatan sesuai dengan aturan yang berlaku. Juga dalam razia gabungan ini pihaknya menindak para pengendara yang tidak membawa surat-surat kendaraan lengkap. Seperti SIM dan STNK kendaraan. “Nanti kedepan untuk kendaraan yang masih tetap bandel yang bermuatan lebih akan kita tindak tegas dan juga kita akan beri sanksi berupa penilangan atau penurunan barang secara paksa,” tandasnya.(618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*