Mei, Seleksi Olahragawan Berbakat

foto; ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Lebih kurang dua bulan lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang akan melaksanakan seleksi olahragawan berbakat. Para atlet yang lolos akan diberikan pembibitan dan pembinaan, agar lebih menguasi bidang olahraga digeluti hingga bisa tampil dikompitisi sesungguhnya.

Kabid Pemuda dan Olahraga (Pora) Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepahiang, Sandi Fitriansyah SPd SD menjelaskan, bila pembibitan olahragawan dilaksanakan lintas lembaga. Diantaranya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kepahiang.

“Persiapan di bulan 4 nanti seleksi pembibitan atletnya di bulan lima,” ungkap Sandi, Senin (25/3).



Tetapi Kabid Pora belum dapat menjelaskan, detail pelaksanaan seleksi atlet yang juga dipersiapkan untuk ajang Pekan Olahraga Daerah (Popda) Provinsi Bengkulu tahun 2020 itu.  “Kalau bentuknya seperti apa, saya belum bisa memberikan penjelasan, sebab kita belum rapat persiapan. Rapat diagendakan bulan 4, setelah rapat baru diketahui bentuknya seperti apa nanti,” tutur Sandi.

Menurutnya, pembinaan dan pembibitan olahragawan berbakat tidak bisa dilakukan pada seluruh cabang olahraga. Karena anggaran yang diakomodir APBD sangat terbatas hingga akan ada pemilihan cabang yang jadi prioritas pemerintah nantinya.

“Kalau seluruh cabang tidak memungkinkan, sebab anggaranya tidak cukup,” katanya.

Alokasi dana pembibitan dan pembinaan atlet atau olahragawan berbakat Kabupaten Kepahiang sebesar Rp 286 juta lebih sudah masuk pagu Disparpora 2019. Anggaran yang disediakan pemerintah ini di luar alokasi dana untuk akomodasi atlet Popda. (320)