Mei, Formasi CPNS Keluar

Pemkot Usulkan Tenaga Medis dan Pendidikan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Provinsi Bengkulu bakal akan digelar pada Bulan Juni mendatang. Meski demikian, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Hj Diah Irianti MSi mengatakan, secara resmi surat pemberitahuan dari BKN untuk perekrutan tersebut belum diterima. Pemberitahuan itu nantinya tetap akan dilakukan oleh BKN kepada Pemprov Bengkulu pada bulan Mei mendatang.

“Surat persetujuan usulan kita belum ke BKN belum diterima. Tapi hasil koordinasi kita dengan BKN, bulan Mei mendatang baru akan diberitahu hasilnya,” ujar Diah kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (13/3).

Menurut Diah kemungkinan pembukaan rekrutmen pada bulan Juni mendatang bisa saja terjadi. Sebab pengumuman kuota setiap provinsi baru akan dilakukan satu bulan sebelumnya bulan Mei. Sejauh ini, pemprov sendiri telah mengusulkan sebanyak 402 CPNS. Jumlah tersebut belum termasuk dari jumlah yang diusulkan oleh kabupaten/kota yang jumlahnya bisa lebihi usulan pemprov. “Usulnya sudah kita sampaikan, tinggal lagi berapa disetujui itu dari BKN. Kita hanya bisa menunggu,” terangnya.

Perekrutan CPNS ini menjadi hal penting untuk dilakukan. Sebab, untuk pemprov sendiri masih kekurangan jumlah pegawai. Hal itu dilihat dari jumlah pensiun yang sudah mencapai sekitar 300 orang. Belum lagi ditambah kebutuhaan pegawai pemprov, baik dari profesi guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya. “Kebutuhan kita memang masih kurang. Apalagi masih pensiun juga sudah banyak. Jadi harapan kita usulannya tidak dikurangi,” tambah Diah.

Ketika perekrutan itu dilakukan, semua proses teknis diselenggaran secara langsung oleh BKN. BKD Provinsi hanya memfasilitasi pendaftaran dan hal lainnya. Termasuk untuk program seleksi, nantinya direncanakan masih menggunakan sistem CAT.

“Seleksinya itu semuanya dari BKN. Fasilitas seleksi CPNS kita juga sudah punya, tinggal lagi digunakan. Untuk itu, kita masih menunggu petunjuk langsung dari BKN, terkait teknisnya seperti apa nanti,” pungkas Diah.

Seperti diketahui, usulan CPNS di Provinsi Bengkulu meliputi, pemprov Bengkulu sebanyak 402 pegawai, Mukomuko 500 pegawai, Lebong 1.700 pegawai, Kaur 600 pegawai, Bengkulu Selatan 474 pegawai, Kepahiang 1.200 pegawai, Bengkulu Utara 300 pegawai, Bengkulu Tengah 235 pegawai , Seluma 624 pegawai, Kota Bengkulu 823 pegawai dan Rejang Lebong 300 pegawai.

Mei, Formasi CPNS Kota Diumumkan
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bengkulu Drs Bujang HR MM menerangkan bahwa dari hasil pertemuan pihaknya dengan KemenPAN&RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) beberapa waktu lalu bahwa untuk pengumuman Formasi CPNS Kota Bengkulu akan diumumkan pada bulan Mei 2018 mendatang.

Bahkan saat ini Pemerintah Kota telah mempersiapkan anggaran untuk pelaksanaan CPNS 2018 dan akan dilakukan penambahan di APBD Perubahan jika anggaran yang ada saat ini tidak mencukupi. “Hasil rapat kami di BKN wilayah VII Palembang dua minggu lalu, jawaban pastinya memang belum ada. Namun disampaikan dalam rapat tersebut, untuk formasi CPNS tahun 2018 akan turun di bulan Mei 2018 dan Pelaksanaannya akan dilaksanakan setelah Pemilukada Walikota sekitar bulan Agustus atau September 2018 mendatang,” ungkap Bujang.

Sejauh ini, lanjut Bujang, mengenai Formasi saat ini Pemerintah Kota mengajukan formasi tenaga Kesehatan, tenaga Pendidikan dan tenaga teknis sebanyak 725 orang CPNS. Untuk formasi tenaga kesehatan Pemkot masih banyak kekurangan tenaga perawat, bidan maupun dokter, sedangkan tenaga pendidikan masih kurangnya guru agama, guru muatan lokal dan guru penjas. Kemudian untuk tenaga teknis Pemkot masih kekurangan tenaga teknik jembatan, pintu air dan tenaga teknik lainnya.

“Tentunya kita optimis usulan formasi kita disetujui, minimal ya setengahnya. Karena selama lima tahun terakhir ini Pemerintah Kota tidak ada melakukan perekrutan CPNS. Tentunya dengan banyaknya PNS yang memasuki masa pensiun, kebutuhan ASN di Kota Bengkulu semakin berkurang terutama di sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, untuk tahun 2018 ini jumlah ASN yang pensiun di Kota Bengkulu mencapai 100 orang ASN. Bahkan selama tiga tahun terakhir ini, jumlah ASN yang pensiun sudah mencapai 500 ASN. “Harapan kita ya meskipun usulan kita tidak bisa dipenuhi 100 persen setidaknya setara dengan jumlah ASN yang pensiun,” harapnya.(777/151)

Baca Juga
https://bengkuluekspress.com/pendaftaran-cpns-dibuka-juni/