Medsos Rentan Jadi Media Penyampaian Ujaran Kebencian

Medsos Rentan Jadi Media Penyampaian Ujaran KebencianBENGKULU, bengkuluekspress.com – Keberadaan media sosial (Medsos) saat ini rentan disalahgunakan untuk menyampaikan ujaran kebencian yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini disampaikan anggota DPD RI Dapil Bengkulu, Riri Damayanti John Latief SPsi dalam sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Jum’at (29/09/2017).

“Di era perkembangan zaman seperti saat ini, medsos seperti Facebook, Twitter, Instagram dan jenis medsos lainnya sudah menjadi konsumsi sehari-hari ditengah masyarakat,” ungkap Riri dalam sosialisasi yang dihadiri kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Oleh karena itu, kata Riri, medsos jangan sampai disalahgunakan. Seperti yang marak terjadi saat ini, media sosial digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang bernada ujaran kebencian.

“Tentu saja jika penggunaannya seperti ini akan berdampak negatif nantinya, karena yang namanya medsos itu dibaca oleh pengguna medsos lainnya yang mencapai jutaan user,” ujarnya.

Ditambahkan Riri, ujaran kebencian itu dapat mempengaruhi pengguna lain yang dapat menimbulkan dampak yang cukup besar.

“Untuk itulah kita harus bersama-sama mengantisipasi agar medsos jangan sampai disalahgunakan, tertutama yang dapat menganggu keutuhan NKRI,” singkatnya. (Dil)