Media Pengaruhi Pendidikan

MEDIA massa baik cetak dan elektronik dinilai turut membantu pengembangan pendidikan saat ini khususnya di Kepahiang. Sejauh ini peran media dinilai turut memberikan dampak yang positif dalam pembangunan pendidikan. Hal itu diungkapkan Ketua Komite SMA Negeri 1 Merigi, Iskandar Rais.

Menurutnya dengan adanya media maka sebuah lembaga pendidikan dapat berkembang dengan baik melalui berita yang disajikan. “Sejauh ini kami menilai media memiliki dampak yang positif dalam memajukan duinaia pendidikan di Kepahiang, contohnya di SMAN 1 Merigi kami dapat menerima bantuan setelah beberapa waktu lalu media cetak yang beredar di Kepahiang memberitakan bahwa sekolah kami kekurangan ruang kelas,” katanya.

Menurutnya, selain mendorong terciptanya sebuah pengetahuan media diharapkan tidak hanya menyajikan informasi namun juga pendidikan. “Informasi dan pengetahuan tentu berbeda, media saat ini harus memberikan pencerdasan. Tidak hanya memberitahu sebuah kejadian yang tidak memberi pengetahuan, tapi ada nilai pendidikannya dibalik itu,” terang Iskandar.

Diterangkan Iskandar, media cetak juga bisa menjadi referensi pembelajaran. Tidak sedikit media cetak yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah. “Apalagi basis pembelajaran kita saat ini KTSP, jadi sumber pembelajaran bisa diambil dari mana saja. Untuk itu, memang perlu adanya media untuk mengembangkan pendidikan terutama di Kepahiang ini lebih baik,” tandasnya.(505)