Media Diminta Sajikan Informasi Berimbang

Dandim 0423/BU, Letkol Arh Ari Trisenta Nursanto saat foto bersama insan pers di Kabupaten BU dalam acara coffe morning di aula  Antasena Makodim 0423/BU, kemarin (31/2).
Dandim 0423/BU, Letkol Arh Ari Trisenta Nursanto saat foto bersama insan pers di Kabupaten BU dalam acara coffe morning di aula Antasena Makodim 0423/BU, kemarin (31/2).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Dandim 0423/BU, Letkol Arh Ari Trisenta Nursanto menegaskan jika dukungan insan pers dalam menunjang kegiatan TNI sangat diperlukan. Untuk itu, ia berharap seluruh media yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) berpartisipasi aktif dalam menyajikan informasi yang berimbang untuk keamanan dan kehutuhan masyarakat di Bengkulu Utara.

‘’Tanpa media yang menyebarluaskan informasi, TNI bukanlah apa-apa. Untuk itu, kami selaku Kodim 0423 berharap media, baik cetak, elektronik maupun online dapat menjadi mitra TNI khususnya Kodim 0423/BU,’’ ujar Dandim kepada BE ditemui usai acara coffe morning di aula Antasena Makodim 0423/BU, kemarin (1/2).

Letkol Arh Ari Trisenta Nursanto yang baru menjabat 3 bulan ini menambahkan, pihaknya juga memerlukan peran media dalam pengawasan terhadap kinerja seluruh personel Kodim 0423/BU.

‘’TNI harus netral, tidak terlibat politik apapun. TNI juga harus menghindari sesuatu yang kontroversial, sensitif dan berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan),’’ ungkapnya.

Untuk itu, Dandim mengharapkan media untuk dapat menyajikan informasi positif dan berimbang. Karena informasi dalam bentuk pemberitaan akan dikonsumsi masyarakat secara luas.

‘’Karena keterlibatan media dalam kegiatan TNI beberapa tahun belakangan ini, rating TNI menjadi naik, bahkan dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat,’’ terangnya.
Dalam pertemuan yang lebih dari 2 jam itu, Dandim juga menjelaskan agar anggota TNI dan masyarakat dapat menggunakan media sosial (medsos) secara bijak. Karena, medsos dapat menimbulkan perpecahan dan konflik jika tidak bijak dalam menggunakannya.

‘’Sering timbulnya konflik lantaran penggunaan media sosial. Untuk itu, kita harus dapat menggunakannya secara bijak, dan tidak ikut menyebarluaskan suatu informasi jika tidak mengetahuinya kejelasannya,’’ pungkasnya.

Dalam pertemuan itu, turut hadir Ketua PWI BU, Drs H Warsiman yang juga General Manager (GM) Radar Utara (RU) dan wartawan dari media cetak, elektronik dan online yang berada di Kabupaten BU.(816)