Mau Kurus Gagal Terus

MENURUNKAN berat badan memang gampang-gampang susah, artinya secara teori mudah tetapi dalam praktiknya tidak selalu berhasil. Banyak sekali faktor tidak terduga yang memicu kegagalan, antara lain kurang tidur serta jarang orgasme.

Sebuah penelitian di Inggris pernah mengungkap, kurang tidur bisa menyebabkan komposisi hormon tidak seimbang. Hormon stres yakni kortisol akan meningkat, sementara berbagai hormon pertumbuhan dan juga leptin atau hormon yang mengatur metabolisme akan berkurang.

Salah satu efek dari perubahan yang terjadi pada sistem hormonal ini adalah nafsu makan yang jadi lebih susah dikontrol. Selain porsi makan jadi lebih banyak, produksi energi yang berasal dari pembakaran kalori juga akan berkurang dan lebih banyak yang diubah jadi lemak.

Faktor ini jugalah yang diyakini turut memicu peningkatan jumlah penderita obesitas secara global. National Sleep Survey yang penah dilakukan di Inggris mengungkap, 42 persen responden mengaku jarang tidur di malam hari dan dikategorikan sebagai night owl alias burung hantu.

Sementara itu, penelitian lain yang juga dilakukan di Inggris mengungkap adanya hubungan antara program diet dengan pengalaman orgasme. Makin sering mengalami orgasme, maka peluang untuk sukses menurunkan berat badan cenderung akan lebih besar.

Sama seperti pola tidur, rahasianya terletak pada perubahan sistem hormonal. Kali ini, hormon yang berperan dalam menyukseskan program diet adalah DHEA atau dehydroepiandrosterone yang dihasilkan secara alami di dalam tubuh manusia oleh kelenjar adrenal.

Makin sering mengalami orgasme, seseorang akan semakin banyak memproduksi hormon DHEA. Dikutip dari Blisstree, Jumat (28/9), salah satu efek dari peningkatan kadar DHEA adalah meningkatnya proses pembakaran lemak untuk diubah menjadi energi.

Karenanya, jika sudah melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan tetapi selalu gagal maka cobalah cek pola tidur dan frekuensi orgasme. Bagi yang sudah punya pasangan, memperbanyak orgasme bisa dilakukan sekaligus memperbanyak tidur sebab biasanya orang akan langsung tidur setelah orgasme. (**)