Matahari Cicin, Hantar Kepergian CJH RL

CURUP, BE – Fenomena cincin pelangi matahari muncul sekitar satu jam di langit Kota Curup sekitar pukul 12.00 WIB, kemarin.  Fenomena alam yang unik itu muncul berbarengan dengan jadwal menjelang pemberangkatan 235 calon jemaah haji (JCH) asal Rejang Lebong yang diberangkatkan ke Embarkasi Padang dari Jalan Sukowati Masjid Agung Baitul Makmur, Curup.

Kemunculan cincin pelangi matahari membuat sejumlah warga yang melihat fenomena tersebut berusaha untuk mengabadikannya. Warga menggunakan kameran handphone serta kamera digital untuk mengambil gambar cincin matahari yang berwarna pelangi.  “Wai.. itu nah matahari cincinnyo, ado warna-warni pelanginyo,” tutur beberapa warga di lokasi pemberangkatan CJH asal RL.

Sementara itu, pemberangkatan haji tahun ini disesaki keluarga jemaah.  Pemberangkatan diawali dengan ritual pelepasan oleh Bupati RL H Suherman SE MM. Turut hadir dalam kegiatan itu forum koordinasi pimpinan daerah, pejabat dinas intansi, serta panitia haji dari Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong.
Pantauan wartawan, ramainya keluarga jemaah yang mengantar para jemaah membuat puluhan anggota polisi dan Satpol PP harus melakukan pengamanan ekstra, bahkan membuat blokade agar jemaah bisa masuk ke dalam bus yang akan mengantarkan mereka ke Embarkasi Padang. Akibatnya, aksi saling dorong antara keluarga jemaah dan aparat tidak terhindarkan. Meski begitu, para jemaah tetap bisa diberangkatkan menggunakan 7 mobil Bus Family Raya. (999)