Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Madrasah Gunakan Kurikulum Baru

BENGKULU BE – Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan bahasa Arab di madrasah menggunakan kurikulum baru. Kebijakan kurikulum baru ini selaras dengan telah diterbitkannya KMA No 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs H Bustasar MS MPd melalui Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Dr Junni Muslimin MA menuturkan kepada BE, Selasa (4/8), ”Kebijakan itu selaras dengan telah diterbitkannya aturan baru.”

Aturan KMA No 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Selain itu, diterbitkan juga KMA 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah. Kedua KMA ini diberlakukan secara serentak pada semua tingkatan kelas pada tahun pelajaran 2020/2021.

“KMA 183 tahun 2019 ini menggantikan KMA 165 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah. Dengan begitu KMA tersebut tidak berlaku lagi,” ujarnya.

Kemenag juga sudah menyiapkan materi pembelajaran PAI dan Bahasa Arab yang baru ini sehingga baik guru dan peserta didik tidak perlu untuk membelinya. Buku tersebut bisa diakses dalam website e-learning madrasah, tandasnya. (247/rls).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*