Mata Bawa Chelsea Tundukkan Spurs

Chelsea makin kokoh di puncak liga Inggris, setelah tadi mampu menekuk tuan rumah Tottenham Hotspur, 4-2.  Keunggulan Chelsea tidak lepas dari kepiawaian Juan Mata, yang mencetak dua gol dan satu assist bagi terciptanya gol keempat bagi the Blues.   Kemenangan ini mempertahankan rekor Chelsea yang belum pernah kalah di musim ini.

Chelsea unggul melalui Gary Cahill di menit 17. Gol berawal tendangan sudut Eden Hazard. William Gallas menanduk bola, namun jatuh ke kaki Cahill yang langsung melepaskan tendangan keras ke tengah gawang,  dan tidak mampu ditangkap penjaga gawang Spurs, Brad Friedel, dan gol.

Usai turun minum,  William Gallas menebus kesalahannya.   Tottenham menyamakan kedudukan pada menit ke-47. Dari sektor kanan pertahanan lawan, Jan Vertonghen memberikan overan kepada William Gallas di depan gawang. Dengan kepalanya, Gallas meloloskan bola ke gawang Chelsea.

Tottenham berbalik unggul 2-1 berkat gol Defoe di menit ke-54.  Kendati mendapat kawalan ketat pemain lawan di kotak penalti, Dafoe mampu menjangkau umpan Aaron Lennon dan melepaskan sepakannya ke gawang Cech.

Gelandang Chelsea asal Spanyol, Juan Mata mengubah kedudukan menjadi imbang di menit ke-66.  Pemain bernomor punggung 10 tersebut menaklukkan penjaga gawang Spurs, Friedel dengan memanfaatkan bola kiriman Oscar yang dibuang Gallas.

Tiga menit kemudian, Mata yang memanfaatkan umpan Eden Hazard menaklukkan Fridel dengan tembakan dari tengah kotak penalti.  3-2 untuk tim tamu.

Pada injury time, Juan Mata berhasil mencuri bola dari Kyle Walker di sisi kanan Tottenham. Ia menggiring bola ke kotak finalti lalu mengirim bola ke Daniel Sturridge yang berdiri bebas di depan gawang. Sturridge tak tampak kesulitan menceploskan  bola masuk ke dalam gawang Spurs.(**)