Masyarakat Seluma Batal Terima PKH

TAIS, bengkuluekspress.com – Masyarakat Kabupaten Seluma yang sebelumnya menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) terpaksa harus gigit jari. Hal itu karena permasalahan Administrasi Kependudukan (Adminduk) tidak di update dinas teknis.  Juru Bicara (Jubir) Fraksi API DPRD Seluma Yudi Priyono menyebutkan bahwa, berdasarkan laporan dari masyarakat Desa Rawa Sari Kecamatan Seluma Timur, bahwa ada lebih dari 10 warga yang sebelumnya menerima PKH, namun karena data KTP tidak di update, akhirnya mereka tidak lagi menerima PKH. Hal itu harus menjadi perhatian pemerintah daerah.

“Ada data KTP penerima PHK yang tidak update ke pusat. Sekitar 10 orang masyarakat di Desa Rawa Sari Kecamatan Seluma Timur tidak menerima PKH lagi. Tolong bupati. Ditengah pandemi ini masyarakat sangat membutuhkan PKH,” tegasnya, kemarin.

Dia mengatakan bahwa, jika dalam satu desa saja ada 10 orang yang tidak lagi menerima PKH. Bagaimana dengan desa yang lain. Padahal ada 182 desa dan 20 kelurahan di Seluma ini. “Itu kan baru satu desa, bagaimana dengan desa yang lain. Jangan-jangan ada yang lebih dari 10 orang yang tidak lagi menerima PKH,” ucap Yudi.

Sementara itu, Juru bicara PDI Perjuangan, Ikhsan ST menyampaikan bahwa, dalam melayani masyarakat seharusnya dinas Dukcapil dengan hati nurani. Harus sensitif dengan keperluan masyarakat.

“Kita akui selama ini berjalan lancar. Seperti kita sampaikan beberapa waktu lalu. Tapi masih banyak keluhan. Kenapa masih banyak salah entri. Ini menyebabkan masyarakat membutuhkan waktu lagi untuk mengurus,” jelas Ikhsan.

Kritik juga disampaikan oleh anggota fraksi Demokrat, Dirhan Joyo. Dia menyebutkan bahwa, masalah pelayanan Capil ini benar-benar masih menjadi keluhan. Dia bahkan sudah beberapa mengurus keperluan masyarakat. Yang tidak selesai.

“Saya sudah 4 kali membawa berkas belum selesai juga. Itu perlu pembenahan pak bupati. Kalau perlu impor pejabat dari kota dan provinsi,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Seluma Erwin Octavian SE mengatakan bahwa, akan melakukan evaluasi terhadap pelayanan di Dinas Dukcapil Seluma. Pembenahan tentu perlu dilakukan agar pelayanan tidak lagi menjadi keluhan masyarakat. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*