Masyarakat Kaur Diminta Manfaatkan Lahan Pekarangan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Kaur, Wariman, S.E, M.M

BINTUHAN,BE – Optimalisasi lahan pekarangan dengan menanam tanaman produktif, menjadi langkah penting yang baik dilakukan masyarakat, dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Karena, tidak ada kepastian kapan covid-19 berakhir. Untuk itu, masyarakat Kaur diminta untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam beraneka ragam tanaman produktif.

“Kita tidak tahu, sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Sedangkan, kebutuhan pangan harus terus dipenuhi setiap hari. Makanya dimasa Covid-19 ini kita harus memanfaatkan pekarangan dengan sebaik mungkin,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kaur, Wariman, S.E, M.M , Jumat (18/9).

Pemanfaatan pekarangan rumah termasuk salah satu upaya untuk menjawab persoalan kebutuhan pangan dalam rumah tangga, agar dapat mengonsumsi sayur mayur dan buah-buahan. Apalagi jika pemanfaatan pekarangan dengan tanaman produktif seperti tanaman holtikultura yaitu tanaman buah-buahan, sayur-sayuran dan lainnya.

“Tanpa banyak disadari, lahan pekarangan jika dikelola secara optimal dan terencana dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi menunjang kebutuhan gizi keluarga,” ujarnya.

Untuk itu, ia menghimbau bagi warga yang tidak memiliki lahan pekarangan bisa juga menanam di dalam pot yang ukurannya besar. Karena pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan tersebut. Selain itu juga dapat digandeng dengan peternakan, mulai dari beternak ayam hingga budidaya ikan.

“Saya mengimbau agar warga dapat menanam sayuran yang tiap hari dapat dikonsumsi. Selain dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi keluarga, ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya. (618)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*