Masyarakat Harus Disiplin Ikuti Protokol Kesehatan

FOTO: Walikota Helmi Hasan

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Walikota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan, terlaksananya kebijakan baru pemerintah kota mengenai new normal atau tatanan baru apabila semua masyarakat dapat disiplin mengikuti semua yang dianjurkan pemerintah yakni mengikuti protokol kesehatan yang ada seperti menggunakan masker dan jaga jarak.

Menurut Helmi, yang harus dilakukan masyarakat Kota Bengkulu sekarang bukan panik dalam menghadapi virus korona ini. Akan tetapi, justru harus membiasakan diri menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Misalnya rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, rutin berolahraga, dan menjaga selalu menjaga kebersihan diri.

“Kita jangan terlalu panik dan galau menyikapi virus korona ini, panik boleh tapi jangan berlebihan. Namun memang pada dasarnya ketakutan itu timbul akibat sebagian besar kita belum terbiasa dengan pola hidup sehat dan bersih,” ungkapnya, Senin (8/6).

Menurut Walikota, kedisiplinan seperti itulah yang dibutuhkan masyarakat sekarang ini agar tujuan untuk tetap menjalani kehidupan normal tetapi bisa terhindar dari wabah Covid-19 bisa tercapai. “Covid-19 adalah sebuah tantangan bersama, yakin kita akan bisa melewati masa-masa sulit ini dengan baik dan harus mengikuti setiap apa yang dianjurkan oleh pemerintah seperti saat berpergian keluar rumah biasakan gunakan masker dan bawa hand sanitazer serta jangn berkerumun,” tambahnya.

Dikatakan Helmi, mendengar kata new normal terkadang sering disalah artikan orang, padahal sesungguhnya yang dikatakan pemerintah itu adalah sebuah konsep kewajaran baru menjadi sesuatu yang bisa diterima secara umum, salah satunya menggunakan masker ketika sedang berpergian.

“Misalnya, membiasakan hidup sehat, menjaga kebersihan baik itu dilingkuangan maupun rumah, rajin berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga pola makan dan tidur yang cukup, agar terhindar dari sakit termasuk virus korona,” tuturnya.

Ia pun berharap, hal baru ini bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh agar konsep dari new normal bisa terlaksana dengan baik dan bisa menjadi hal baru yang haru ditaati sejak sekarang ini demi memutus mata rantai penyebaran virus korona.

“Ini harus terus kita gaungkan dan lakukan demi tatanan hidup baru sambil berharap dan berdoa kepada Allah SWT agar virus korona segera berakhir,” tutupnya. (529)