Masyarakat Gunakan Gaya Lama

large-sekolah-01
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Dicatutnya nama Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Provinsi Bengkulu M Daud Abdullah dalam penerimaan peserta didik baru atau pejabat lainnya kerap dilakukan masyarakat. Masyarakat masih ada yang menggunakamn gaya lama memanfaatkan celah untuk meloloskan anaknya masuk ke sekolah yang diinginkan.

“Wajarlah kalau orang meminta tolong dan ini manusiawi, tetapi apakah permintaan dengan cara tidak baik seperti itu dikabulkan. Disinilah peran kepala sekolah harus cerdas dalam mengikuti aturan yang telah dibuat,” kata M. Daud kepada Bengkulu Ekspress kemarin (10/7).

Sistem PPDB online yang diterapkan pemerintah bertujuan untuk meminimalisir praktik kecurangan PPDB selama ini. Dicontohkan, Daud Abdullah, jika melayani perorangan dalam PPDB bukan mencari solusi, tetapi lebih menginventarisir permasalahan PPDB lalu timbul kebijakan sehingga ada asas keadilan dirasakan semua pihak. Masyarakat belum terbiasa dengan sistem PPDB online, sehingga mereka masih menggunakan pendekatakan personal, menggunakan kedekatan komunitas, kedekatan keluarga, kenalan dan segalanya.

“Kita ingin memperbaiki sistem ini menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu masyarakat akan semakin cerdas.

Sistem yang baru diterapkan diakui tidak dapat berlangsung sempurna, masih banyak protes dan perbaikan, yang penting kita memiliki kemauan untuk memperbaikinya,” ucapnya. (247)