Masyarakat Diminta Tak Main Petasan

20140714_040053_petasan-gede

BINTUHAN, BE- Kepala Kepolisian Resor Kaur AKBP Bambang Purwanto SIK mengimbau masyarakat agar tidak menjual dan bermain petasan selama Ramadhan. Sebab itu dapat mengganggu umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah malam.

“Saya minta kepada masyarakat untuk tidak menjual petasan atau mercon, karena ini sangat menganggu dan juga dapat membahayakan masyarakat,” kata Kapolres kemarin.

Dikatakan Kapolres, pihaknya akan menertibkan pedagang petasan selama bulan ramadhan. Barang tersebut banyak beredar hampir di seluruh pelosok ketika memasuki bulan Ramadhan seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya. Penertiban ini pihaknya akan menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat melalui Satpol PP.

“Menyangkut petasan nanti kita akan konsultasi dengan Satpol PP untuk menertibkan pedagang petasan, untuk jadwal penertibannya tidak menentu,” terangnya.

Ditambahkan Kapolres, ini dilakukan dalam rangka memberikan keamanan bagi umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah Salat Tarawih dan tadarus di masjid-masjid, pihaknya akan menempatkan personil untuk berjaga di seputaran rumah ibadah. Langkah tersebut diambil sebagai upaya mencegah terjadinya aksi pencurian sepeda motor warga yang sedang salat.

“Selama puasa masyarakat untuk tetap selalu meningkatkan kewaspadaan, dan kalau mau menjalankan salat tarawaih itu, rumah dipastikan benar-benar terkunci dan jangan sampai nanti kemalingan,” imbuanya.(618)