Masyarakat Bentuk Komunitas Pelestarian Penyu

IPUH, Bengkulu Ekspress – Masyarakat di Kabupaten Mukomuko, khususnya di wilayah Kecamatan Ipuh dan sekitarnya mendukung pelestarian penyu agar tidak punah. Dukungan itu diwujudkan dengan sejak beberapa tahun terakhir masyarakat setempat telah membentuk Komunitas Pecinta Alam Batu Kumbang Ipuh, yang hingga saat ini masih bertahan.

“Pelestarian penyu kami lakukan secara swadaya. Ini salah satu peran aktifitas terkait ikut melindungi habitat yang di lindungi tersebut,” ungkap Ketua Umum Komunitas Pecinta Alam Batu Kumbang Ipuh, Roni dikonfirmasi Bengkulu Ekspress kemarin (18/1).

Menurutnya, pelestarian penyu yang telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu cukup mendapatkan dukungan dari pemerintah kabupaten dan Provinsi Bengkulu. Seperti dari Kabupaten Mukomuko pernah dibantu sarana dan prasarana seperti fiber yang diperuntukan sebagai tempat air, senter dan beberapa sarana lainnya.

Dari Pemerintah Provinsi Bengkulu pernah menyalurkan bantuan dalam bentuk tempat singgah dan pos penjagaan.

Saat ini, kata Roni, ratusan telur penyu ada ditempat penangkaran di wilayah tersebut. Yakni sebanyak 150 butir penyu jenis belimbing, 111 butir penyu pipih dan 97 butir telur penyu hijau.

“Tidak menutup kemungkinan semakin bertambah. Telur tersebut kita jaga dengan baik dan nantinya dilepas ke laut bebas setelah menjadi tukik,” ungkapnya. (900)