Masyarakat Adat Minta KPU Bengkulu Angkat Isu Reforma Agraria Saat Debat Kandidat

Ist/BE

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Wilayah Bengkulu meminta isu reforma agraria, dimasukkan dalam materi debat terbuka dalam Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Ketua BPH AMAN Wilayah Bengkulu, Def Tri Hamri mengatakan, pihaknya sudah memasukkan permintaan tersebut melalui surat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dan Kabupaten yang menggelar Pilkada di Bengkulu.

“Permintaan itu sudah kita kirimkan melalui bentuk surat. Kita berharap dapat diakomodir oleh pihak KPU” kata Def di Bengkulu, Selasa (15/9).

Def mengungkapkan, pihaknya meminta agar penelis memasukan isu reforma agraria ini sebagai pertanyaan pada Paslon saat debat kandidat. Karena saat ini permasalahan agraria kerap memicu konflik di tengah-tengah masyarakat, termasuk di Provinsi Bengkulu ini.

“Melalui debat terbuka itu nantinya kita bisa mendengar langsung komitmen politik Paslon terhadap model pembangunan yang rentan mengalami konflik agraria, beserta metode yang bisa dilakukan,” tuturnya.

Ia menambahkan, dalam tatanan kebijakan, Pemerintah Pusat telah mengeluarkan kebijakan yang tercermin didalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) dan Perpres No 86 tahun 2018 tentang Reforma Agraria. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*