Maskot Kepahiang Alami Dibangun

Foto: ilustrasi/net
Foto: ilustrasi/net

MASKOT Kepahiang Alami (KA) di Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang akan kembali dibangun oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaharga (Disparpora). Bahkan,  Disparpora sudah mengajukan pembebasan lahan dikawasan KA agar dapat diajukan sertifikat. Sehngga saat pembangunan nantinya tidak ada permasalahan terkait dengan status lahan.

Sekretaris Disparpora Kepahiang, Drs HM Holil mengatakan, bila pembangunan KA diharapkan nantinya dapat menjadi maskot wisata bagi Kabupaten Kepahiang sebagaimana fungsinya selama ini.

“Sudah kita ajukan untuk pembebasan lahanya bukit Kepahiang Alami juga kita ajukan,” ungkap Holil.

Ia menjelaskan, bila pembangunan sendiri direncanakan akan lebih bagus. Sehingga bangunan tidak mudah rusak mengingat kawasan perbukitan itu merupakan daerah ketinggan dengan kondisi angin selalu kencang. Bila dibangun tidak kokoh maka kondisi bangunan yang memiliki maskot Holliwood Amerika Serikat itu tidak akan bertahan lama.

“Akan juga dijadikan tempat wisata, dengan fisilatas yang memadai. Kepahiang ini sangat mendukung program provinsi terutama untuk sektor wisata, maka seluruh objek wisata menjadi fokus pembangunan ditahun 2017,” tuturnya.

Rencana pembangunan bukan hanya dikawasan bukit Kepahiang Alami, Disparpora juga mengagendakan pembangunan lahan tepi jurang di Dusun Kepahiang untuk disulap menjadi taman. Sehingga nantinya masyarakat Kabupaten Kepahiang dan sekitar memiliki banyak objek wisata pilihan untuk bersantai barang keluarga. “Untuk lahan itu bisa dibangun area wisata kuliner,” ujar Kabid Pariwisata A Syartoni.

Menurutnya, pemanfaatan lahan yang direncanakan pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepahiang tersebut, atas peruntukan awal pembelian lahan di 2015 lalu untuk gedung Tourist Information Centre (TIC). (320)