Masjid Istiqomah Butuh Bantuan

DENDI - Masjid Al-Istiqomah di Jalan Bawal RT 8 Kelurahan Malabero terbengkalai membutuhkan uluran tangan dermawan  (2)BENGKULU, BE – Masjid Al-Istiqomah yang terdapat di Jalan Bawal RT 8 Kelurahan Malabero, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu sangat memprihatinkan.  Masjid ini terbengkalai karena pengerjaannya terhenti akibat kekurangan dana.  Sejauh ini pengerjaan telah mencapai sekitar 60 persen dengan mengabiskan anggaran mencapai Rp 500 juta, dan untuk menyelesaikannya hingga siap digunakan sebagai tempat ibadah, dibutuhkan dana sekitar Rp 300 juta lagi.
“Memang masih banyak membutuhkan dana, karena masjid ini kita buat 2 lantai, mengingat jumlah penduduk di sekitar masjid ini sangat padat,” ungkap Ketua Pembangunan Masjid  Al-Istiqomah, Rai Kumbar kepada BE, kemarin.
Ia mengatakan, pihaknya telah berusaha meminta bantuan kepada berbagai pihak, seperti Bank Indonesia (BI) Bengkulu, Pemerintah Kota maupun Provinsi Bengkulu, namun hingga saat ini belum ada respon. Untuk itu, pihaknya pun mengharapkan uluran tangan dari pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat untuk ikut berpartisipasi membangun masjid tersebut. Terlebih masjid itu akan digunakan secara maksimal pada bulan suci Ramadhan 2014 yang akan tiba sekitar 5 bulan lagi.
“Awalnya masjid ini kami bangun hanya mengandalkan sumbangan dari para nelayan yang berada di kawasan Malabero ini.  Karena sebelumnya nelayan serba kecukupan atas hasil tangkapannya, namun belakangan ini pendapatan nelayan pun hanya cukup untuk menghidupi keluarganya, sehingga masjid ini pun terbengkalai,” ujar Rai Kumbar didampingi pengurus masjid lainnya.
Rai Kumbar menuturkan, kendati terbengkalai dan tidak memiliki biaya untuk menyelesaikannya, namun hingga saat ini pembangunan masjid tersebut berjalan yang dilakukan secara swakelola oleh masyarakat sekitar.  Selain mengandalkan bantuan dari pihak luar, pengurus masjid pun menempatkan petugas untuk memungut sumbangan dari pengguna jalan di belakang masjid tersebut.
“Alhamdulillah cukup membantu, dari sumbangan yang diperoleh dari pengguna jalan itu kita bisa membayar upah tukang,” ucapnya.
Bagi masyarakat Bengkulu yang ingin memberikan sumbangan, Rai Kumbar mengaku bisa datang langsung ke masjid tersebut atau bisa menghubunginya ke nomor 08153905708. Bantuan yang diharapkan pun tidak mesti berbentuk uang tunai, namun bisa juga dalam bentuk lain seperti semen, keramik dan barang lainnya.
“Bagi yang sudah menyumbang, kami ucapkan terima kasih. Dan bagi yang belum, kami berharap Allah mengetuk pintu hatinya semoga ia tergugah untuk ikut membangun rumah  tempat ibadah ini,” harapnya. (400)