Masjid Agung Diplot Rp 5 M

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pembangunan Masjid Agung Baitul Hikmah ditahun depan, usulan anggaran sebesar Rp 5 miliar diajukan eksekutif dalam RAPBD 2020.

Lanjutan pembangunan sarana dan prasarana masjid agung, agar tahun kedepan pemanfaatan masjid tersebut bisa digunakan secara penuh sesuai dengan targetkan pemerintah.

Bila anggaran masjid agung diakomodir legislatif maka dalam dua tiga tahun (2020) total APBD sudah terserap Rp 25 miliar untuk membangun masjid tersebut. Sebab, dua tahun terakhir pemerintah telah mengalokasi dana sebesar Rp 20 miliar dalam dua tahun pembangunan.

“Ya kita lanjutkan pembangunan masjid agung, untuk anggaran kita ajukan Rp 5 miliar di APBD 2020,” ungkap Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepahiang Rudy Andi Sihaloho ST.

Rudy menggatakan target bangunan yang ingin dicapai tahun depan dimasjid agung, dapat merampungkan bangunan utama serta membangun sarana lahan parkir.

Karena, masjid agung berada dijalan lintas depan komplek perkantoran. Tentu akan menjadi tempat masyarakat untuk melaksanakan ibadah. “Kita kejar bisa ada tempat parkir untuk ditahun depan, agar pemanfaatan masjid agung bisa dilaksanakan secara penuh,” ujar Rudy.

Menurut Rudy, bila mengacu pada master plan atau rancangan konsep bangunan masjid agung tentunya dana Rp 25 miliar masih sangat jauh dari mencukupi.

Namun, sesuai dengan target pemerintah daerah supaya tahun depan masjid sudah bisa dimanfaatkan sesuai dengan peruntukankan, sembari mengumpulkan dana untuk melanjuktan pembangunan hingga tuntas seperti desainnya.

“Anggaran yang dikucurkan memang belum mencukupi kalau untuk membangunan secara utuh sesuai dengan konsepnya. Tetapi kita usahakan sudah bisa dimanfaatkan dulu,” tutup Rudy. (320)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*