Masih Banyak Sampah Menumpuk

BUDHI/BE
Sampah yang dibuang sembarangan di Jalan Citanduy Kelurahan Lingkar Barat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Permasalahan sampah di Kota Bengkulu memang sulit diatasi. Pasalnya berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, mencatat sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Air Sebakul Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu perhari mencapai sebanyak 250 ton.

“Jika melihat kondisi sekarang ini memang permasalahan sampah sangat penting/urgent karena jika ditotalkan pertahun, kita bisa menghasilkan kurang lebih 90,5 ton,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan Sampah dan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Rusman Effendy SSTP MM, kemarin (21/1).

Rusman mengatakan, ratusan ton sampah itu berasal dari sampah rumah tangga maupun pasar, yang terdiri atas sampah organik dan anorganik. ”Setiap hari sampah organik dan anorganik yang berada disepanjang jalan protokol, kawasan wisata dan pusat perbelanjaan sudah menjadi tanggung jawab kita untuk mengangkut dan juga membersihkannya,” bebernya.

Ia menjelaskan, sekarang ini pihaknya mencatat masih banyak warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya, seperti di kawasan Jalan Citandui Lapangan Golf, di kawasan Jalan Merpati 2 Rawa Makmur, tempat wisata seperti Pantai Panjang sehingga sering menimbulkan bau dan kesan kumuh. “Kita berharap tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan atau dilokasi sungai maupun tempat yang memang tidak diperbolehkan karena ini sangat bertentangan dengan program Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu yakni Bengkulu ku Bersih, Indah, Sejuk dan Aman (BISA),” tuturnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu yang masih terkendala dalam pembuangan sampah bisa berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup sehingga nanti bisa dicarikan pihak swasta untuk mengangkut sampah rumah tangga tersebut. “Jika ada warga yang terkendala terkait pembuangan sampah, bisa datang ke kantor kita dan akan kita bantu carikan solusinya agar tidak membuang sampah disembarangan tempat,” ucapnya kepada BE.

Selain itu, ia menjelaskan, dalam pengangkutan ratusan ton di 67 kelurahan di Kota Bengkulu ini, pihaknya setiap hari mengerahkan 28 mobil kontainar sampah serta melibatkan ratusan petugas kebersihan. “Kita akan bekerja secara maksimal untuk membersihkan sampah yang ada di Kota Bengkulu ini, oleh sebab tiu, kita minta kerjasama semua pihak terutama masyarakat Bengkulu agar Kota Bengkulu selalu menjadi kota bersih dan dijauhkan dari sampah yang berserakan,” demikian tuturnya. (529)