Masih Ada Warga Tak Pasang Bendera

ERICK/Bengkulu EkspressTERLIHAT : Tampak terlihat masih ada rumah warga yang tidak memasang bendera merah putih, meskipun telah ada imbauan wajib memasang bendera.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Meskipun surat pemberitahuan atas diwajibkannya setiap rumah memasang bendera merah putih menyambut hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74, masih banyak warga yang tidak memasang bendera merah putih di depan rumahnya.Pantauan Di lapangan, dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong, diketahui hingga kemarin (06/08) masih cukup banyak rumah warga yang tidak memasang bendera. Baik rumah yang sedang ditinggal pemiliknya ke kebun, maupun rumah yang pemiliknya sedang ada di rumah. Bahkan ada sebagain rumah atau tempat usaha Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kabupaten (pemkab) Lebong yang tidak memasang bendera merah putih. Ada beberapa rumah yang tidak memasang bendera, karena didepan rumahnya telah terpasang umbul-umbul berwarna merah dan putih, sementara hal tersbeut bukanlah bendera.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H Mustarani Abidin SH MSI, telah menyebarkan surat kepada pihak Kecamatan untuk disampikan kepada pihak Pemerintah Desa (pemdes) dan Kelurahan, agar menyampaikan kepada masyarakatnya memasang bendera merah putih paling akhir hari Senin (05/08).

Menyikapi hal tersebut, Sekda Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi menjelaskan, bahwa dirinya secara langsung telah turun ke lapangan untuk memastikan apakah masih ada rumah warga yang tidak memasang atau tidak dan memang masih ada sekitar 5 hingga 7 persen rumah warga yang tidak memasang bendera merah putih.“Ia saya sudah turun langsung dan memang masih ada rumah warga yang tidak memasang,” jelasnya, kemarin (06/08).

Melihat hal tersebut, Sekda sangat menyayangkan masih ada warga Lebong yang tidak mau memasang bendera merah putih yang biasanya dilakukan pada saat bulan Agustus setiap tahunnya. Memasang bendera merah putih didepan rumah, merupakan salah satu wujud terima kasih atas apa yang telah diperjuangkan para pahlawan mengusir penjajah.“Tidak susah dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk memasang bendera,” ujarnya

Untuk itulah, dirinya menagih janji seluruh camat di Kabupaten Lebong untuk memasang bendera di depan rumah warganya yang saat ini belum memasang bendera merah putih sesuai perjanjian ketika melaksankan rapat persiapan memperingati HUT RI ke-74 beberapa waktu yang lalu.“Saya telah menyampaikannya kepada masing-masing camat, agar bisa segera memasang bendera,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, sebelum tanggal 17 Agsutus dirinya kembali akan turun ke lapangan untuk memastikan apakah masih ada rumah warga yang tidak memasang bendera atau tidak. Jika nantinya ditemukan masih ada, maka dirinya secara tegas akan menegur para camat. “Kita lihat saja nanti, apakah para camat menjalankan sesuai apa yang ia katakan sebelumnya atau tidak,” tegas Sekda.(614)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*