Masih Ada Temuan BPK, Makan-Minum Rp 1,2 M

Kabag Umum Sekretariat Pemda Seluma, Najamudin SE, saat memberikan keterangan terkait temuan BPK.

TAIS, bengkuluekspress.comĀ  – Selangkah lagi Pemkab Seluma akan meraih wajar tanpa pengecualian (WTP). Namun, Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (LHP-BPK) RI tahun 2020 memuat banyak catatan untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma, yang salah satunya soal temuan di beberapa OPD. Salah satu temuan yang mencolok yaitu di Sekretariat Daerah (Setda) yakni biaya makan-minum yang temuannya mencapai Rp 1,2 miliar dari total anggaran Rp 2,1 M.

“Sebentar lagi predikat kita akan diumumkan. Namun memang ada temuan dari hasil audit LHP BPK RI Tahun 2020 ini,” tegas Kabag Umum Sekretariat Pemda Seluma, Najamudin SE kepada Wartawan.

Dibeberkan, jika temuan makan minum tersebut totalnya sebesar Rp 1,2 sesuai LHP BPK RI atas pengelolaan keuangan makan dan minum tahun 2020 di Sekretariat Daerah. Hanya saja, dari total temuan tersebut pihak sekretariat bidang umum sudah menindaklanjuti sesuai dengan besaran temuan tersebut.dan itu sudah di bawah ambang batas.

“Mulai kita tindak lanjuti, kita akan tindaklanjuti sesuai besaran temuan tersebut,” katanya.

Najamudin menegaskan dari total temuan tersebut saat ini hanya menyisakan Rp 200 juta, sementara Rp 1 miliar telah ditindaklanjuti. Sehingga dirinya optimis temuan ini akan dapat diselesaikan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan yakni 60 hari kerja. “Tinggal Rp 200 juta lagi, saya optimis akan tuntas sesuai dengan tenggat waktu tersebut,” imbuhnya.

Sekalipun ada temuan LHP BPK RI tersebut. Menurutnya, tidak akan menghalangi Pemkab Seluma yang saat ini tengah berjuang untuk meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Karena menurut Najamudin, sisa temuan sebesar Rp 200 juta tersebut telah jauh di bawah ambang batas yang ditentukan oleh BPK RI.

“Tidak akan bermasalah lagi, kita tetap komitmen untuk menuntaskannya. Sesuai ketentuan BPK RI, sisa temuan kita itu sudah di bawah ambang batas yang ditentukan, jadi tidak akan menghalangi Pemkab Seluma untuk meraih WTP,” kilahnya dengan nada Khawatir. (333)