Masa Pendaftaran Cakades di BS, April

Hamdan Syarbaini SSos

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Hamdan Syarbaini SSos mengaku saat ini pihaknya terus mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa ( Pilkades) serentak di 127 desa di BS. Sebab masa pencoblosan akan digelar pada 28 Juni mendatang.

“Untuk masa pendaftaran calon kepala desa (Cakades) kami perkirakan di bulan April,” katanya.

Dikatakan Hamdan, Maret sampai April jadwalnya Badan Perwakilan Desa (BPD) membentuk panitia Pilkades. Oleh karena itu, dirinya mengimbau agar seluruh BPD di 127 desa yang menggelar Pilkades tersebut dapat segera membentuk panitia. Dalam kepanitiaan itu, dirinya menginstruksikan agar tidak ada unsur dari BPD. Sebab tugas BPD mengawasi pekerjaan panitia. Sehingga jika ada panitia yang tidak bisa bekerja maksimal, maka BPD dapat menggantinya.

“Mulai saat ini silahkan BPD membentuk Panitia Pilkades,” ujarnya.

Setelah panitia dibentuk, sambung Hamdan, maka panitia bisa memulai tahapan pilkades seperti sosialisasi, penentuan daftar pemilih hingga membuka pendaftaran Pilkades. Adapun untuk cakades minimal 2 orang dan maksimal 5 orang.

“Yang harus diingat, jangan ada panitia yang memungut biaya pendaftaran dari cakades,” bebernya.

Saat Pilkades nanti, terang Hamdan, wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sehingga saat Pilkades wajib menggunakan masker, menjaga jarak agar tidak berkerumun dan menyediakan tempat cuci tangan. Sehingga warga yang usai mencoblos, wajib mencuci tangan sampai bersih. Dengan begitu, diharapkan saat Pilkades nanti, tidak menjadi klaster baru penyebaran covid-19 di BS.

“Pilkades nanti wajib menerapkan prokes covid-19 secara ketat,” demikian Hamdan. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*