Marga Mukti Pasarkan Air Mineral

foto
RESMIKAN AIR MINERAL:1 dan 2. Kades Marga Mukti dan perangkatnya serta direktur BUMDes ketika meresmikan dan meluncurkan usaha air mineral dipasarkan

Kades : Kurangi Pengangguran

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Satu lagi usaha yang di jalankan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) Desa Marga Mukti, Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko, resmi dipasarkan. Yaitu, air mineral itu dinilai layak konsumsi untuk masyarakat umum. Ini setelah melalui proses dan tahapan-tahapan yang harus dijalankan untuk menjalankan usaha tersebut.

Direktur BUMDes Desa Marga Mukti, Gunawan mengatakan, dengan peresmian satu unit usaha baru milik BUMDes ini diharapkan masyarakat dapat ikut berperan serta dan ikut mendukung salah satu program desa. Pasalnya, untuk pemasarannya masih cukup terbatas. Yakni di wilayah Desa Marga Mukti.



“Ini kali pertama kita pasarkan, dan akan diketahui beberapa waktu kedepan, respon masyarakat terkait usaha BUMDes yang dijalankan ini. Pasalnya, jika tidak ada dukungan dari masyarakat dan pihak-pihak lainnya, BUMDes tidak akan berjalan maksimal,”katanya. Air mineral layak konsumsi itu memiliki PH 8,5 dan telah melalui tahap uji coba.

Kepala Desa Marga Mukti, Marwanto berharap BUMDes dapat menekan angka pengangguran di desa dan juga dapat meningkatkan PAD Desa Marga Mukti.  Menurutnya, BUMDes Marga Mukti sudah memulai memasarkan produk air mineralnya. Harapannya BUMDes dapat lebih meningkatkan produktifitas dan juga menambah lowongan pekerjaan bagi masyarakat Desa Marga Mukti.

”Ini terobosan yang sangat positif. Selain untuk tambah PAD, juga membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat desa dan sekitarnya,”katanya.  Kades juga menyampaikan, Desa Marga Mukti adalah salah satu desa yang berada di tengah-tengah ibu kota kecamatan dan tidak memiliki kekayaan, baik itu dari SDA maupun yang lainnya.

Kedepan diharapkan melakukan terobosan-terobosan lainnya untuk lebih “Harapan saya BUMDes selain dapat mengurangi pengangguran di desa.meningkatkan PAD Desa. Karena lebih banyak PAD, maka masyarakat akan semakin sejahtera,”harapnya.  Diketahui BUMDes Marga Mukti sudah memiliki bebeberapa unit usaha yang sudah berjalan.

Diantaranya, sewa jasa tenda, sewa jasa molen, WDSP dan satu lagi di awal-awal tahun 2019 ini depot air mineral dan toko bangunan yang beralamatkan di komplek perkantoran pemerintahan Desa Marga Mukti.(900)