Maret, Pemilihan Duta Mahasiswa 2013

Kasubbid KBRBENGKULU, BE- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Provinsi Bengkulu kembali menggelar pemilihan  Duta Mahasiswa.  Kegiatan tersebut rencananya akan digelar  di Bengkulu Indah Mall, (9-10/03/2013). Acara ini dapat diikuti pelajar dan mahasiswa se-Provinsi Bengkulu yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Mahasiwa/Remaja (PIK-M/R). Pemenang akan mengikuti lomba Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) di Tingkat Nasional, April mendatang.

“Pemilihan Duta Mahasiswa merupakan ajang pemilihan generasi terbaik.   Mereka diharapkan menjadi contoh, model, idola bagi remaja dan mahasiswa lainnya.   Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mengurangi kenakalan remaja,” ungkap Kepala Sub Bagian Bina Ketahanan Remaja (BKR) BkkbN Provinsi Bengkulu, Corien Akwari F, S.Psi.

Syarat Duta Mahasiswa 2013, yakni; maksimal semester 4, usia maksimal 21 tahun, aktif dalam berbagai kegiatan baik di dalam atau di luar kampus.  Selain itu peserta harus sehat jasmani dan rohani, berpenampilan cerdas, menarik dan santun serta tidak menjadi duta untuk progam lain. “Bagi mereka nanti yang terpilih menjadi duta mahasiswa, tidak diperkenankan mengikuti pemilihan duta yang lainnya,” ujar Corien Akwari F, S.Psi

Adapun komponen pemilihan duta mahasiswa 2013, peserta memiliki pemahaman terhadap substansi program generasi berencana serta kependudukan dan KB. Penampilan dalam menyajikan materi presentasi. Pemahaman tentang pendidikan pancasila, nilai budaya masyarakat. Memiliki pengetahuan umum (Nasional dan Internasional) dan bahasa Inggris. Serta kepribadian sesuai norma yang berlaku.

“Mereka juga harus mengirimkan makalah dengan tema seputar NAPZA, Seksualitas, dan HIV/AIDS, Pendewasaan Usia Perkawinan, dan sebagainya,” ungkap Corien Akwari F, S.Psi

Tahun 2012 lalu, Duta Mahasiswa Bengkulu  Ronald Muhammad, mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) berkesempatan mengikuti Konferensi Pemuda Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sementara, Anton, mahasiswa STIKES Tri Mandiri Sakti berkesempatan keliling Indonesia.  (mg3)