Maret, CPNS Mulai Ngantor

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Jika tak ada aral melintang, sebanyak 164 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lulus seleksi beberapa waktu lalu akan mulai bekerja pada bulan Maret 2019 mendatang. Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Benteng, Apileslipi SKom MSi, ditemui BE, kemarin (25/1).

Dijelaskan Lipi, saat ini seluruh CPNS sudah melengkapi berkas administrasi yangdiperlukan. Sesuai dengan rencana, berkas CPNS akan dibawa ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional VII Palembang sebagai syarat penerbitan nomor induk kepegawaian (NIK).

“Direncanakan, berkas CPNS akan dibawa ke BKN Palembang pada awal bulan Februari 2019, sekitar tanggal 2,3 atau 5 Februari,” kata Lipi.

Setelah berkas disampaikan, pria yang sedang menduduki posisi Sekretaris BKPSDM Kabupaten Benteng ini menyampaikan, berkas akan langsung di proses oleh BKN dengan harapan NIP sudah diterbitkan pada bulan Maret 2019.”Prediksi kami, seluruh CPNS sudah mengantongi surat keputusan (SK) CPNS pada bulan Maret. Sejak saat itu, CPNS sudah bisa langsung berkerja pada organisasi perangkat daerah (OPD) teknis yang ditentukan,” jelasnya.

Terhitung sejak menjalankan tugas pertama, Lipi menegaskan, seluruh CPNS yang telah lulus seleksi harus mematuhi aturan yang berlaku di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Benteng. Salah satunya, CPNS dilarang untuk mengajukan usulan pindah tugas ke OPD lain selama kurun waktu 10 tahun.

Berpedoman dengan periode-periode sebelumnya, CPNS selalu tak bertahan lama pada tempat tugas yang lokasinya cukup terpencil. Seperti sekolah, Puskesmas yang berada di daerah pedalaman. “Jika dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun sudah mengajukan pindah, CPNS dianggap mengudurkan diri. Aturan ini akan diberlakukan secara tegas,” tandas Lipi.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*