Mantapkan Persiapan Pemilu, KPU Bengkulu dan Yayasan Pendidikan RB Gelar Coffee Morning

FOTO HENDRIK/BE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu bersama Yayasan Pendidikan Rakyat Bengkulu menggelar acara coffee morning di Santika Hotel Bengkulu, Rabu (18/12).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu bersama Yayasan Pendidikan Rakyat Bengkulu menggelar acara coffe morning yang dilangsungkan di Santika Hotel Bengkulu, Rabu (18/12).

Komisioner KPU Darlinsyah, coffee morning ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan KPU Provinsi Bengkulu dalam rangka mengecek kesiapan dalam melaksanakan Pemilu tahun 2020 mendatang.

“Ini bukan hanya seremonial belaka. Melainkan untuk memantapkan kesiapan Pilkada khususnya Pilgub 2020 mendatang. Kegiatan kita hari ini, berkolaborasi dengan kawan- kawan media massa salah satunya itu adalah Yayasan Rakyat Bengkulu dengan melaksanakan pemantapan serta komitmen bersama dari seluruh Forkopimda,” ungkap Darlinsyah kepada wartawan, Rabu (18/12).

Dilanjutkan Darlinsyah, bahwa Pemilihan Gubernur Bengkulu pada Pilkada 2020 mendatang, KPU sebagai penyelenggara akan melaksanakan secara jujur dan adil. Bukan hanya KPU saja, tetapi seluruh masyarakat berpartisipasi.

“Pada pemilihan kepala daerah, KPU dan Bawaslu sebagai wasitnya, kami punya komitmen ini akan melaksanakan tugas kami secara adil secara independen,” tegas Darlinsyah.

Sedangkan Ketua Bawaslu Parsadaan Harahap berharap supaya masyarakat berperan aktif membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan Pemilu, supaya kualitas Pilkada 2020 ini meningkat dibanding pilkada pilkada sebelumnya.

Kemudian, Parsa mengharapkan peran seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Provinsi Bengkulu membantu mensosialisasikan Pilkada 2020 ini kepada masyarakat, baik sosialisasi meningkatkan partsipasi pemilih, maupun sosialisasi pengawasan Pilkada. “Kami dari Bawaslu siap jadi narasumber jika ada yang mengadakan sosialisasi menganai Pilkada ini, tidak perlu dibayar, karena itu memang tugas kita,” ujar Parsa.

Pemprov Siap Sukseskan Pilgub 2020 

Sementara Pemerintah Provinsi Bengkulu mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Pilkada 2020 mendatang. Asisten lll Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto menyatakan, salah satu dukungan itu dengan sudah menanda tangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk KPU dan Bawaslu Provinsi Bengkulu terkait penyelenggaraan Pilkada 2020.

Sehingga diharapkan Pilgub 2020 itu sukses penyelenggaraan dan bisa menjadi contoh bagi daerah lain bahwa Bengkulu bisa menyelenggarakan pemilu dengan dengan baik aman, damai dan sukses. “Itu harapan kita bersama agar terpilihnya kepala daerah yang berkualitas,” tegasnya.

Sementara itu, karena ASN sebagai abdi negara maka memang harus menjaga marwah itu. Menyikapi Pilkada 2020 mendatang, ASN diharapkan tetap profesional, berintegritas dan juga tadinya menjaga netralitas.

“Kita minta masyarakat ataupun organisasi masyarakat bisa mengawasi ASN agar tidak terlibat politik praktiskan. Kita sama- sama menjaga kondisi agar pilkada 2020 tetap kondusif dan aman,” tutupnya.

General Manager Harian Rakyat Bengkulu Marshal Abadi mengatakan, kegiatan ini bagian dari awal sinergitas untuk menyongsong Pilkada 2020 mendatang. Dengan dialog dan diskusi pada coffe morning ini, merupakan langkah awal sosialisasi tahapan pilkada mendatang.

“Semoga tahapan Pilkada 2020 mendatang berjalan lancar hingga terpilihnya kepala daerah yang berkualitas,” tutup Marshal.(HBN)