Manna Fun Rafting Dihadiri Kemenpar

arung jeram seru
IST/Bengkulu Ekspress
JAJAL: Peserta arung jeram terlihat bersemangat saat menjajal jeram-jejam di Air Manna belum lama ini.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Pemda Bengkulu Selatan (BS) terus mempromosikan obyek wisata di Bengkulu Selatan ke luar daerah. Kali ini dengan menggelar Manna Fun Rafting, yakni olah raga arung jeram di Air Manna.

“Manna Fun Rafting ini digelar besok (Hari ini Red),” kata Penjabat Sekkab Bengkulu Selatan, Drs H Yulian Fauzi MAP.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan yang juga saat ini menjabat kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan ini mengatakan, Festival Air Manna ini mendapat dukungan dari kementerian Pariwisata (Kemenpar). Sehingga mereka akan hadir pada acara, yaitu hari ini Sabtu (25/8).

Dengan begitu diharapkan menjadi ajang promosi dan publikasi bagi olahraga arung jeram di Bengkulu Selatan. Selain itu juga,pihaknya mengundang Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA, agar bisa hadir sekaligus membuka acara secara resmi. Kegiatan ini akan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB (25/8) pagi dengan star dari Desa Air Tenam, Ulu Manna dan finish di Air Terjun Air Geluguran di Dusun Batu Aji, Desa Kayu Ajaran, Ulu Manna. “ Jarak tempuh dari awal star ke finish sekitar 2 jam,” ujarnya.

Selain dari Kementerian Pariwisata, peserta Manna Fun Rafting ini juga dari kabupaten/kota dalam Provinsi Bengkulu, Bahkan ada juga dari kabupaten dan provinsi tetangga yakni dari Lahat dan Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini juga digelar dalam rangka HUT RI ke-73.

“Semoga kegiatan ini menjadi ajang promosi potensi wisata alam BS khususnya sungai Air Manna agar nanti bisa mendongkrak kunjungan wisata ke Bengkulu Selatan,” imbuh Yulian.

Yulian menjelaskan, sungai Air Manna sangat cocok untuk lokasi arung jeram, sebab sungai tersebut dengan lebar sekitar 22 meter juga diapit dengan hutan sekunder dengan hiasan beberapa air terjun mini dan ada tebing-tebing terjal. Kemudian jeram-jeramnya bervariasi dengan grade atau tingkat kesulitannya sampai level empat. Sebab terdapat banyak hidrolik dan standing wave yang tingginya bisa mencapai lebih dari 2 meter. “ Karakteristik sungai Air Manna ini sangat cocok untuk penikmat wisata adrenalin,” tambah Yulian.



Yulian menjelaskan pada acara Manna Fun Rafting ini, pihaknya juga mempersembahkan budaya Bengkulu Selatan. Sehingga para peserta akan disuguhi tarian budaya khas Bengkulu Selatan. Selain itu juga ada sajian kuliner khas Bengkulu Selatan bagi peserta.  “ Mari kita ramaikan dan sukseskan kegiatan ini, “ ajak Yulian. (369)