Manjunto Jaya Perpustakaan Berprestasi

PERPUSTAKAAN DESA: Penggelola perpustakaan sekaligus   istri Kades ketika menunjukan perpustakaan di desa Manjunto Jaya tersebut
PERPUSTAKAAN DESA: Penggelola perpustakaan sekaligus istri Kades ketika menunjukan perpustakaan di desa Manjunto Jaya tersebut

MUKOMUKO, BENGKULU EKSPRESS – Desa Manjunto Jaya yang berada di Kecamatan Air Manjuto adalah desa yang sangat aktif. Salah satunya terkait dalam meningkatkan minat baca bagi masyarakat di desa tersebut. Ini dibuktikan sejak beberapa tahun terakhir. Perpustakan Melati di desa itu mendapatkan beberapa kali penghargaan. Yakni mendapatkan juara satu tingkat kabupaten pada tahun 2014,2015 dan 2017. Sedangkan untuk tingkat Provinsi Bengkulu, perpustakan yang ketuai Ketua TP PKK Desa Manjunto Jaya itu mendapatkan juara harapan 1 tahun 2015 dan harapan 2 tahun 2017 ini.

Kades Manjunto Jaya, Suratman didampingi penggelola perpustkaan, Mujiem mengatakan prestasi perpustakaan Melati tidak hanya dikarenakan pengurusan administrasinya yang baik. Tetapi adanya dukungan sangat positif dari masyarakat banyak. Penilaian yang dilakukan tim tingkat kabupaten dan provinsi diantaranya terkait administrasi, kerapian, kelengkapan buku bacaan, jumlah pengunjung dan lainnya. Ia optimis perpustakaan yang ada tetap aktif sebagaimana mestinya. Terutama lebih meningkatkan minat masyarakat untuk rajin membaca. Terutama bagi kalangan pelajar yang ada di desa tersebut.

“ Harapannya dengan pengurus. Perpustakan agar lebih di maksimalkan. Selain berprestasi. Juga harus lebih aktif dalam mengajak masyarakat untuk rajin membaca. Sedangkan buku bacaan di perpustakaan tersebut cukup tersedia. Sehingga masyarakat bisa memilih buku – buku yang akan dibaca untuk lebih meningkatkan pengetahuan lebih luas,” ungkapnya. (900)