Manfaatkan Smartphone untuk Sehat

foto;ist

LEBONG, bengkuluekspress.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong kembali mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Lebong, untuk memanfaatkan smartphone tempat belajar dan mencari pengetahuan masalah kesehatan, terutama bagi para ibu-ibu yang sedang hamil. Mempelajari hal tersebut bisa didapat seluruh masyarakat Lebong yang memiliki smartphone semua merek atau jenis dengan cara langsung mendwonload aplikasi bernama Lebongku Sehat di Play Store atau di APP Store.

Kepala Dinkes Lebong, Rachman SKM MSi mengatakan, bahwa didalam aplikasi Lebongku sehat ada empat katagori yang bisa didapat oleh masyarakat Lebong. Yaitu katagori ibu hamil yang berisi tentang masalah kehamilan, seperti usia kehamilan, tahapanyang akan dirasakan sang ibu setiap masa kehamilannya, menjaga kehamilan sesuai dengan umur kehamilan sertainformasi yang lainnya.

“Dimana dalam aplikasinya diminta Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) sang ibu,” jelasnya, kemarin (22/12)

Pada katagori ibu hamil, sambungnya, juga diharapkan sang suami bisa mendownload agar bisa menjadi suami siaga karena ada tips-tips yang akan didapat,” sampainya. Selanjutnya di dalam aplikasi ada katagori Remaja yaitu masalah kesehatan reproduksi remaja laki-laki maupun perempuan, baik itu mengenai pertama kali mendapatkan haid untuk perempuan dan cara mengatasinya serta masalah lainnya. “Ini sangat berguna bagi para remaja,” ujarnya.

Sementara itu, ada katagori persiapan kehamilan yaitu tips-tips apa saja yang harus disiapkan atau dilakukan seperti mengetahui kapan masa subur agar bisa hamil, makanan apa yang harus dikonsumsi untuk persiapan kehamilan maupuntips-tips lainnya. “jadi semuanya akan diberitahukan apa saj ayang harus dipersiapkan baik untuk sang ibu maupun sang suami,” tuturnya.

Sementara untuk katagori terakhir yaitu katagori umum. Dimana dalam katagori ini, masyarakat yang telah mendownload bisa bertanya masalah kesehatanbaik itu masalah diabetes, jantung, asam urat, tekanan darah tinggi serta berbagai macam jenis penyakit lainnya. “Pertanyaan akanlangsung oleh Cita yang merupakan mesin penjawabyang telah disiapkan aplikasi,” ujarnya.

Dibuatnya aplikasi ini, diharapkan dapat menjawab berbagai keluhan yang terjadi atau dialami masyarakat yang ada di Kabupaten Lebong, sehingga dapat apa yang telah tertera di visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong. “Dimana aplikasi ini merupakan aplikasi masalah kesehatan yang pertama di Provinsi Bengkulu,” tutupnya.(614)