Manfaatkan Balai Desa

Foto : IST

KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur Asmawi S Ag, kembali mengingatkan kepada sejumlah Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa di Kabupaten Kaur agar memanpaatkan fasilitas balai desa (Baldes) yang sudah dibangun. Sebab kini masih banyak Baldes tidak terawat hanya digunakan disaat waktu waktu tertentu.

“Kini banyak Baldes di desa-desa itu kosong dan tak terawat, dan saya minta agar dimanfaatkan dengan maksimal,” terang Asmawi, kemarin (30/11).

Dikatakannya, saat ini di Kabupaten Kaur, sudah lebih dari 60 desa memiliki Baldes sendiri. Dengan demikian selayaknya desa tersebut memanpaatkan baldes tersebut untuk kebutuhan pertemuan atau menggunakannya untuk keperluan kantor desa. Juga pihaknya mengaku sering mendapat laporan adanya Baldes bahkan menjadi sarang kambing.

“Ini telah kita sampaikan dengan Camat untuk meneruskan kepada Kades melakukan perawatan aset Baldes jangan sampai rusak parah,” tegasnya.

Ditambahkannya untuk perangkat desa dapat melakukan giliran menunggu kantor desa atau memanfaatkan Baldes. Sehingga bila ada warga yang membutuhkan pelayanan tak perlu repot-repot mencari perangkat desa. Sebab Baldes itu tempat Kades melayani masyarakat.

“Jika perangkat desa aktif tentu memudahkan masyarakat dalam berurusan dan juga perangkat juga bisa memonitor kegiatan di desanya,” jelasnya. (618)