Man City Gilas Stoke City, 3-0

zabaletaManchester City berhasil meraih poin penuh saat mengalahkan Stoke City, 3-0, dalam lanjutan Premier League di Stadion Etihad, Manchester, Selasa (1/1/2013).

City membuka peluang saat pertandingan baru berlangsung sembilan menit. Menerima umpan matang Gareth Barry, Sergio Aguero mengontrol bola menggunakan dada dan dilanjutkan sepakan voli ke gawang Asmir Begovic. Sayang, bola masih melambung tinggi dari sasaran.

Memasuki menit ke-20, David Silva memperoleh kesempatan. Dari sebuah umpan tendangan bebas James Milner, bola mengarah ke Silva yang menyundul bola. Namun, lagi-lagi bola jauh dari target.

Dua menit sesudahnya, Aguero kembali mengancam gawang tim tamu. Kali ini, peluang dari pemain asal Argentina itu bisa digagalkan penyelamatan gemilang Begovic.

Setengah jam laga berjalan, Edin Dzeko memberikan ancaman ke barisan belakang The Potters. Sebuah serangan balik kilat Aguero dilanjutkan umpan kepada Dzeko di sisi kanan penyerangan. Tanpa berusaha menggocek bek lawan, Dzeko melepaskan tembakan dari sudut sempit yang melenceng jauh dari gawang Stoke.

Pada menit ke-33, lagi-lagi Aguero memperoleh kesempatan emas membungkam Stoke. Umpan manis Barry dari sisi kiri, diteruskan sundulan jarak dekat Aguero. Kembali, Begovic jadi pahlawan dengan menyelamatkan bola menggunakan kakinya.

Kebuntuan City akhirnya terpecahkan pada menit ke-43. Dari usaha Milner yang masih bisa dihentikan Begovic, Pablo Zabaleta merangsek naik ke pertahanan Stoke untuk menaklukkan gawang sang lawan. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua tepatnya menit ke-56, City menggandakan skor melalui Dzeko. Pemain asal Bosnia-Herzegovina itu berhasil memanfaatkan bola muntah hasil tembakan mendatar Aguero.

Aguero pun akhirnya turut menyumbangkan gol. Pada menit ke-74, Aguero berhasil menyelesaikan tugas sebagai algojo penalti untuk membuat City unggul 3-0. Penalti diberikan setelah Silva dijatuhkan Steven Nzonzi di dalam kotak penalti. Hingga bubaran skor 3-0 tetap bertahan untuk kemenangan City.

Raihan tiga poin ini tetap tak mengubah posisi City di papan klasemen sementara Premier League. City kini mengemas 45 poin di urutan kedua, tertinggal tujuh poin dari Manchester United yang menang kontra Wigan di laga lainnya.(**)

City (4-2-3-1): 1-Joe Hart; 5-Pablo Zabaleta, 4-Vincent Kompany, 6-Joleon Lescott, 22-Gael Clichy; 18-Gareth Barry, 42-Yaya Toure; 7-James Milner, 16-Sergio Aguero (32-Carlos Tevez 77), 21-David Silva (11-Scott Sinclair 82); 10-Edin Dzeko (62-Abdul Razak 90)
Manajer: Roberto Mancini

Stoke (4-5-1): 1-Asmir Begovic; 2-Geoff Cameron, 4-Roberth Huth, 17-Ryan Shawcross, 28-Andy Wilkinson; 19-Jonathan Walters, 6-Glenn Whelan, 15-Steven Nzonzi, 16-Charlie Adam (18-Dean Whitehead 68), 33-Cameron Jeroma; 9-Kenwyne Jones (26-Matt Etherington 50)
Manajer: Tony Pulis