MAN 2 Lebong Bangun Mushola dari Swadaya Masyarakat

BERDIRI : Mushola Al Mujahidin MAN 2 Lebong yang dibangun melalui swadaya masyarakat dan dijadikan sebagai pusat kegiatan islami.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Berkat bantuan swadaya masyarakat, Madrasah Aliayah negeri (MAN) 2 Lebong, saat ini memiliki mushola sendiri yang diberinama Al-Mujahidin. Mushola ini digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan, baik kegiatan siswa maupun masyarakat setempat.

‘’Selama ini kalau mau buat kegiatan keagamaan, kami terpaksa menggunakan ruang kelas. Untuk itulah muncul ide membangun mushola. Alhamdulillah banyak masyarakat yang menyumbang sehingga mushola bisa berdiri. Pembangunan mushola sekitar satu tahun,’’ ungkap Kepala MAN 2 Lebong, Feri Herawati SPd.I.

Keberadaan mushola saat ini multifungsi. Di saat masuk sholat, digelar sholat berjemaah. Di luar itu, mushola juga digunakan untuk kegiatan menghafal Al-Quran, mengaji dan lain-lain. Beberapa kali, mushola juga digunakan sebagai tempat menggelar lomba keagamaan dan kegiatan keagamaan lainnya. ‘’Dengan adanya mushola ini, kami berharap, pembinaan keagamaan para siswa menjadi terus meningkat. Harapan kami, setelah tamat dari MAN 2 Lebong, siswa kami dapat menjadi generasi muda yang sholeh dan sholehah,’’ ujarnya.

Keberadaan mushola, berhasil mendorong siswa meraih prestasi. Tercatat, siswa MAN 2 Lebong Fira Erlina menjadi juara 2 pada seleksi bintang vokalis qasidah Provinsi Bengkulu. Fira lolos ke level Provinsi sebagai perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong. “Fira telah mengharumkan nama madrasah kami,“ ujar Kepala MAN 2 Lebong bangga.

Selain di bidang qasidah, siswa MAN 2 Lebong juga menorehkan prestasi saat berpartisipasi pada Lomba Kepramukaan se-Sumbagsel yang di laksanakan IAIN Curup (22-23 Nov 2019). Siswa MAN 2 Lebong, Annisa Salsabela meraih juara 1 dalam lomba Syarhil Quran dan juara umum putri. ‘’Prestasi ini memacu kami untuk terus bersemangat belajar dan berlatih lebih baik lagi,’’ tutur Annisa.

Di Level Kabupaten Lebong, sepanjang 2019 ini setidaknya ada 7 prestasi yang diraih, seperti juara 2 dan juara 3 mata pelajaran fisika terintegrasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten. Siswa MAN 2 Lebong juga meraih juara 2 pada mapel Biologi, Geografi dan Ekonomi KSM tingkat Kabupaten Lebong. Prestasi lainnya, siswa MAN 2 Lebong juga meraih juara 2 Lomba Desain Poster Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik Kabupaten Lebong.

Sementara untuk KSM Matematika mampu meraih juara 1 dan lomba Syahril Quran Remaja Putri juga mampu meraih juara 1. Itu semua diraih berkat bimbingan semua guru dan kemauan sisawa MAN 2 Lebong yang ingin menunjukan kemampuanya dalam meraih prestasi. “Tahun depan kita akan berusaha agar mampu meraih prestasi lebih tinggi lagi dari tahun 2019 ini,” harapannya.(614)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*