Mall Berkontribusi Positif

Dr Fachruzzaman Hanafi SEBENGKULU, BE – Niat Pemda Kota untuk melakukan kajian ulang atas Memorandum of Understanding (MoU) Mega Mall dan Bengkulu Indah Mall (BIM) karena tak memberikan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dinilai pengamat ekonomi merupakan langkah yang keliru. Pasalnya, meski tidak memberikan PAD secara langsung, namun mall-mall tersebut tetap berkotribusi positif dalam mengembangkan ekonomi daerah Bengkulu. Demikian dikatakan Dr Fachruzzaman Hanafi SE, kemarin.
“Aktivitas ekonomi kita menggeliat salah satunya karena keberadaan mall.  Mall itu bisa menggerakkan transaksi kaum urban dan memberikan sumbangsih bagi PAD dalam bentuk penerimaan pajak dan retribusi parkir misalnya, belanjaan barang, makanan dan minuman serta kegiatan lainnya seperti nonton bioskop.  Jadi kalau dikatakan bahwa mall tidak memberikan sumbangan apapun kepada daerah alias nihil, ini sebenarnya pandangan yang keliru,” katanya.
Di sisi lain, lanjutnya, pemerintah juga bisa mendapatkan keuntungan berupa terserapnya tenaga kerja baru. Pasalnya, menurut Hanafi, dari satu mall seperti Mega Mall saja, tenaga kerja lokal yang terserap dapat berjumlah 3 ribu orang.  “Mereka terdiri dari security, office boy, karyawan toko dan banyak lagi. Jadi sebenarnya kalau dibilang mall di Bengkulu tak memberikan kontribusi apa-apa, ya nggak benar juga,” tandasnya.
Namun ia memaklumi bila Pemda Kota menilai bahwa mall-mall tersebut harus memberikan sumbangsih dalam bentuk PAD kepada Pemda Kota. Sebab, kata dia, kewajiban Pemda Kota adalah bagaimana pembangunan yang dijalankan dapat memberikan sumbangan kepada Pemda Kota untuk diperuntukkan bagi kesejahteraan masyarakat. “Tidak bisa juga Pemda Kota disalahkan dalam hal ini ketika mereka menuntut keuntungan mall buat masyarakat harus jelas. Karena memang itulah tujuan pemerintah didirikan. Tapi yang salah itu ketika dibilang keberadaan mall tidak memberikan apa-apa dan seharusnya ditutup saja. Ini logika yang salah,” urainya.
Sementara itu,  Ir Yohanes Lee MSi ketika ditanyai mengenai kesiapannya untuk menghadapi rapat bersama Pemda Kota untuk membahas mengenai MoU PTM-Mega Mall, ia menjawab pihaknya sepenuhnya siap. “Akan kita jelaskan kepada pihak Pemda Kota mengenai segala sesuatunya dengan gamblang,” bebernya. (009)