Maling Burung, Pelajar SMA Ditangkap Massa

PASAR MANNA, BE – Sy (18) pelajar kelas III salah satu SMA swasta di BS, kemarin ditangkap oleh warga Jalan Haji Yasin, Kecamatan Pasar Manna. Remaja itu kedapatan mencuri burung kapas tembak milik Yadi (30), warga Jalan Haji Yasin.
Penangkapan remaja asal Seginim itu berawal saat ia hendak mencuri burung kapas tembak milik Yadi sekitar pukul 10.30 WIB, kemarin. Sy tidak menyadari jika Yadi, tidak jauh dari lokasi. Saat ia usai menurunkan sangkar burung yang sebelumnya tergantung di teras rumah korban. Saat Sy mengeluarkan burung dari sangkarnya, Yadi kebetulan melihat aksi itu, sehingga ia langsung berteriak maling.
Mendengar teriakan Yadi, warga yang sebelumnya sudah diresahkan maraknya aksi pencurian burung langsung bergerak menangkap Sy yang berusaha kabur menggunakan sepeda motor Yamaha RX King tanpa plat nomor. Sy yang sudah di atas motor tidak bisa memacu tunggangannya karena sudah dihadang warga.
Beruntung Sy tidak menjadi bulan-bulanan warga yang emosi, karena saat itu ada anggota Polres BS yang sedang patroli. Sy dan sepeda motor yang digunakannya untuk mencuri, serta burung yang hendak ia curi kemudian diserahkan kepada anggota Polres tersebut untuk dibawa ke Mapolres.
Rupanya sejak ditangkapnya Sy, banyak warga yang melapor ke Mapolres BS karena kehilangan burung. Diantaranya Ide (21), warga Jalan Bahmada Rustam Kelurahan Pasar Baru. Ia kehilangan burung murai batu yang baru dibelinya seminggu lalu seharga Rp 3,5 juta. Lalu Jaja (32), warga Kelurahan Pasar Baru dan Asmat (37) warga Kelurahan Ibul yang kehilangan burung kapas tembak.
Dugaan kuat kalau Sy merupakan pelaku pencuri burung warga tersebut, khususnya burung murai batu milik Ide. Pasalnya saat polisiĀ  membuka tas Sy, ditemukan adanya selembar ekor burung murai batu.
Sementara kepada penyidik, Sy kemarin mengaku hanya mencuri burung kapas tembak milik Yadi. Sedangkan burung lainnya dirinya tidak mengakuinya meskipun dalam tasnya ditemukan ada satu lembar ekor burung murai batu. “Itu bukan ekor burung Pak. itu ekor bebek,” kilah Sy.
Kapolres BS AKBP Yahanes Hernowo SIK MH melalui Kasat Reskrim AKP Dwi Citra Akbar ST SIK membenarkan ada pelaku pencurian burung yang diserahkan warga ke Polres. “Saat ini pelaku sudah kami amankan bersama sepeda motor yang digunakannya serta burung yang dicurinya untuk memudahlan proses pemeriksaan,” terangnya.(369)