Maling Beras dan Gabah, Dua Pemuda Dibekuk


AKP Enggarsyah Alimbaldi SH SIK

MANNA, Bengkulu Ekspress  – Dua dari tiga pelaku pencurian beras dan gabah padi milik Rudi Hartono (30) warga Desa Muara Pulutan, Seginim yang hilang April lalu berhasil dibekuk. Kedua pelaku yang berhasil dibekuk tersebut De (20) warga Desa Kota Padang, Manna dan Te (16), warga Desa Lubuk Sirih,Manna. Sedangkan satu pelaku lagi, Pe (20) juga warga Manna saat ini sudah menghilang dan ditetapkan daftar pencarian orang (DPO).

Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Rudy Purnomo SIK MH melalui Kasat reskrim, AKP Enggarsah Alimbaldi SH SIK didampingi Kanit Pidum, Ipda Priyanto SH mengatakan, kedua pemuda tersebut dibekuk, Selasa (7/5) sekitar pukul 17.00 Wib di Desa Padang Gunang,Manna. “ Kedua pelaku dibekuk saat sedang upahan ngupas kelapa,” katanya.

Priyanto menjelaskan, kedua pelaku yang berhasil dibekuk, bersama rekannya yang sudah kabur mencuri beras dan gabah padi milik korban. Dikatakan Priyanto, aksi pencurian pertama dilakukan para pelaku di mesin penggilingan padi korban, 8 April lalu, saat itu mereka mencuri timbangan.

Lalu pada 14 April para pelaku kembali beraksi, kali ini mencuri 6 karung gabah dan 1 karung beras. Lalu pada 17 April, mereka kembali beraksi, mereka mengambil 6 karung beras korban. “Para pelaku ini beraksi selalu malam hari,” ujarnya.

Keberhasilan pihaknya membekuk para pelaku, beber Priyanto berkat adanya kamera CCTV korban.dari layar kamera terekam mereka pelakunya. Sehingga dilakukan penyelidikan, hingga akhirnya dua pelaku berhasil dibekuk. “Saat ini kedua pelaku sedang dalam pemeriksaan, dan satu pelaku lainnya masih terus kami buru,” terang Priyanto. (369)